Pisang Torpedo adalah pisang Tanduk Organik Penerapan Bioteknologi di Indonesia. Selain menghasilkan ukuran buahnya yang lebih besar, pisang Torpedo memiliki karakteristik yang unik dibandingkan dengan varietas pisang tanduk lainnya. Pada awal tahun 2024 ini, tim yang dibawah pimpinan Ibu Dr. Nesti F. Sianipar, S.Pi., M.Si., Head of Food Biotechnology Research Center dari BINUS University berhasil melakukan inovasi baru yang mengubah paradigma dalam pertanian khususnya pada tanaman pisang tanduk. Penggabungan ilmu pengetahuan dibidang Bioteknologi mampu menghasilkan pisang Torpedo dengan kualitas buah yang berbeda dari pisang Tanduk biasa. Tim Food Biotechnology Research Center telah memanfaatkan teknologi kultur jaringan sebagai salah satu cara menghasilkan pisang tanduk unggul super yang sedang dalam proses pengajuan Hak Perlindungan Varietas Tanaman (PVT) di Kementerian Pertanian, Indonesia.

 

Keunggulan pisang Torpedo meliputi kemampuan menghasilkan bibit dengan jumlah banyak dan cepat, bebas dari penyakit layu fusarium serta adaptabilitasnya yang tinggi untuk budidaya di rumah kaca (green house) atapun dilapangan. Varian ini dikembangkan menggunakan metodevariasi somaklonal, yang memungkinkan regenerasi tanaman yang bermanfaat bagi ketahanan pangan dan produktivitas pertanian di Indonesia. Selain itu, konsumsi pisang Torpedo juga dapat menjaga kesehatan jantung dan kulit berkat kandungan antioksidannya.

 

Pisang Torpedo bukan hanya menjadi prestasi bagi BINUS University, tetapi juga menjadi inspirasi bagi generasi mahasiswa untuk berani bermimpi besar. Ini juga menunjukkan kemampuan kreatif dan teknologi para ahli BINUS University dalam menciptakan inovasi yang membanggakan negara Indonesia.

 

Follow us on our social media:

Instagram: Binus_Kemanggisan

Website: https://binus.ac.id/kemanggisan

Youtube: @binuskemanggisan

Twitter: @BINUS_KMG

Tiktok: binus_kemanggisan

#BINUSGROUP

#FosteringandEmpowering

#EmpoweringSociety

#BuildingTheNation

#42TahunBINUSBerkarya

#42thBINUS

#Lustrum8BINUS

#DiesNatalis42BINUS

#BINUS2024

#BINUSKemanggisantetapdihati

#BINUSUniversity