Dalam rangka memamerkan karya Inovatif mahasiswa, BINUS @Kemanggisan kembali mengadakan event “Technology Day 2024 (Tech Day 2024)” yang diadakan di BINUS Anggrek pada tanggal 16 Februari 2024. Event tersebut dilakukan rutin setiap bulannya dan menampilkan 21 karya mahasiswa, serta terdapat 2 (dua) sesi Talkshow, games, dan penampilan grup musik BeeLintang yang memainkan alat musik Kolintang asal Suku Minahasa, Sulawesi utara. Penampilan musik tersebut memperkenalkan alat musik tradisional kepada mahasiswa BINUSIANi.

Pada event ini peserta telah memperkenalkan karya kreatif yang memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) maupun Cloud Computing dalam pembuatannya. AI merupakan teknologi kecerdasan buatan yang terus mengalami perubahan sesuai dengan pengalamannya. Sedangkan Cloud merupakan media penyimpanan digital yang berbasis internet, misalnya aplikasi seperti penyimpanan data, server, database, jaringan, maupun perangkat lunak.

Banyak dari mahasiswa yang membuat berbagai games dengan memanfaatkan AI, sehingga games tersebut dapat disempurnakan dan dipermainkan oleh orang lain. tidak hanya itu, para mahasiswa juga telah memamerkan robot ciptaannya yang tentunya berbasis AI. Serta karya simulasi animasi yang telah disempurnakan dari segi visual dan audio.

Acara ini telah mengundang 2 narasumber yaitu Eddy Tanuwijaya selaku Head of Solution Architect, Alibaba Cloud, dan David Samuel Setiawan selaku Machine Learning Engineer, bookbot, Melbourne, Victoria, Australia untuk melakukan beberapa talks show dengan moderator. 

Dalam event tersebut, Eddy Tanuwijaya selaku narasumber menekankan bahwa tidak hanya program studi Komputer yang dapat belajar Cloud tetapi juga Sains. Karena untuk menggunakan Cloud tidak mengharuskan seseorang bisa coding, namun harus mengerti Sistem dalam Cloud, Server, Network, Security, dan lain sebagainya. 

Cloud biasanya digunakan dalam bisnis, seorang dengan modal bisnis tidak besar sangat cocok menggunakan Cloud” Ungkap Eddy Tanuwijaya, selaku Head of Solution Architect, Alibaba Cloud.

Hal ini karena cloud dapat berubah dari Capital expenditure (CAPEX) ke operational expenditure (OPEX). CAPEX merupakan pengeluaran besar sekaligus untuk barang atau jasa, sedangkan OPEX merupakan pengeluaran yang dibagi secara teratur perhari, perminggu, perbulan, maupun pertahun.

Diketahui AI telah populer, namun dalam berbagai industri saat ini penggunaan Cloud dan AI sama-sama meluas, sehingga kebanyakan orang mungkin secara tidak sadar sudah menggunakan Cloud” Ungkap Eddy Tanuwijaya, selaku Head of Solution Architect, Alibaba Cloud.

Saat ini Cloud dan AI memiliki peran strategis yang penting untuk meningkatkan kolaborasi, produktivitas, otomasi, dan analisis data yang akurat sehingga meningkatkan kemajuan dalam industri yang menyebabkan meluasnya prospek karir masa depan.

AI tidak dapat menggantikan pekerjaan manusia sepenuhnya, karena AI hanya sebuah alat Tools yaitu hanya alat praktisi yang membantu manusia” Ucap David Samuel Setiawan, selaku Machine Learning Engineer, bookbot, Melbourne.

Menurutnya AI memang membawa ancaman khususnya industri kreatif, namun lebih baik jika kita belajar menggunakan tools dan sesuatu yang baru. Kita tidak boleh menutup diri terhadap AI, tetapi cari tahu apa dari dampak dan manfaat AI sehingga dapat membantu pekerjaan manusia menjadi lebih sempurna.

Dalam event ini, Pak David Samuel Setiawan juga memberikan saran kepada mereka yang mempelajari AI untuk tidak terlalu fokus ke bahasa pemrograman yang banyak, tetapi lebih ke Kemampuan berpikir logis, self problem, dokumentasi. 

 

Event Tech Day ini ditutup oleh penampilan Beelintang BINUS University. Adapun Beelintang pernah tampil di acara Best of ASEAN Performing Arts yang dihadiri oleh 11 negara ASEAN di gedung Kesenian Jakarta pada tanggal 29-30 November 2023.

Melalui event “Technology Day 2024” BINUS UNIVERSITY berharap mahasiswa lebih kreatif dan berani berinovasi menggunakan teknologi terkini. Dengan mengetahui lebih dalam manfaat dari AI dan Cloud diharapkan mahasiswa dapat lebih terbuka terhadap perubahan dan giat mempelajari teknologi terkini guna menjadi nilai tambah dalam menghadapi persaingan di industri saat ini.

 

#binusuniversity #binuskemanggisan #artificialintelligence #technology #technologyday #ai