Analyzed Idea dalam Startup Readiness Level (SRL) merupakan level kedua dalam membangun bisnis. Workshop ini telah dilaksanakan di BINUS @Malang bagi mahasiswa yang mengikuti program Enrichment Entrepreneurship Track Periode  Semester Genap 2023/2024 (Rabu, 13/03/2024). Fokus utama pada level ini adalah melakukan analisis secara mendalam terhadap ide bisnis yang telah dipilih dalam program enrichment entrepreneurship track.

Para peserta diharapkan mampu memahami masalah-masalah yang mungkin akan dihadapi dalam bidang bisnis yang mereka pilih. Tingkat kedua dalam persiapan bisnis ini sangatlah krusial. Para peserta diajak untuk membuat pertanyaan yang relevan untuk  user maupun partner potensial dan melakukan wawancara. Dari wawancara tersebut, diharapkan mereka dapat mengenali permasalahan-permasalahan yang mungkin akan timbul di lapangan nantinya.

Setelah mendapatkan data dari hasil wawancara user maupun partner potensial tersebut, para peserta dapat menuangkan poin-poin penting dalam Value Proposition Canvas (VPC) untuk menganalisis ide bisnis apa yang relevan dijalankan selanjutnya. Adapun langkah selanjutnya yaitu peserta juga harus menganalisa perbedaan value yang dimiliki oleh bisnis mereka dengan kompetitor sejenis.

Workshop kali ini juga mencoba mengeksplorasi beberapa kelompok bisnis yang telah berhasil menghasilkan omzet di atas Upah Minimum Kota (UMK) Kabupaten Malang sejak awal bergabung dengan program enrichment periode Genap 23/24 ini. Para mahasiswa tersebut berbagi pengalaman dan latar belakang mereka memilih ide bisnis tertentu dan risiko  apa saja yang telah dihadapi selama menjalankan bisnis tersebut. Dengan memperoleh insight dari pengalaman mereka yang telah berjalan lebih dulu, diharapkan dapat memberikan motivasi dan inspirasi bagi mahasiswa yang masih dalam proses membangun bisnis dari awal.

Selain itu, pada workshop  sebelumnya para peserta juga diberi tantangan (Project 1) oleh Bisnis Inkubator yaitu berjualan dengan ide bisnis utama mereka atau bahkan bisnis alternatif dalam waktu satu bulan. Tujuan dari tantangan ini adalah untuk meningkatkan keberanian para peserta dalam berinteraksi dengan user secara langsung di lapangan. Hasilnya, beberapa dari mahasiswa sudah mendapatkan omzet puluhan juta setelah mampu melakukan analisis ide dan mencoba bisnisnya dalam 1 bulan terakhir.

Workshop Startup Readiness Level ini tidak hanya memberikan pemahaman mendalam terhadap analisis ide bisnis, tetapi juga membangun mental dan jiwa kewirausahaan yang tangguh . Dengan adanya program seperti ini, diharapkan para mahasiswa dapat lebih siap menghadapi tantangan dunia bisnis yang semakin kompetitif di masa depan.