Validasi prototype, merupakan langkah penting dalam perjalanan menuju kesuksesan startup, di mana para pemilik bisnis yang sudah memiliki prototype di tahap sebelumnya, yaitu SRL 4, saat ini siap untuk melangkah lebih jauh dengan memperoleh validasi dari pengguna potensial. Para BINUSIAN Enrichment Entrepreneurship Track, telah mengikuti workshop level ke-5 dari rangkaian Startup Readines Level pada Selasa, 23 Mei 2023 di Aula BINUS @ Malang.

Pada tahap ini peserta diwajibkan memastikan bahwa prototype yang mereka hasilkan benar-benar memenuhi harapan dan ekspektasi dari user. Dalam tahap ini, prototype akan diuji dan diberikan feedback oleh para user yang diminta untuk melakukan validasi. Setiap feedback yang diberikan oleh user akan menjadi masukan yang sangat berharga bagi para startup dimana tujuannya adalah memastikan bahwa saat produk ini resmi diluncurkan, produk tersebut akan menjadi solusi yang sesuai dengan kebutuhan user. Selain itu, validasi juga membantu para tenant untuk mengukur potensi keberhasilan produk mereka di pasar yang sebenarnya.

Validated-Prototype---Pentingnya-Feedback-dari-User-2

Tahap SRL 5 bukanlah akhir dari perjalanan para tenant dalam mengembangkan startup mereka. Namun, dengan prototype yang telah tervalidasi, kita dapat merancang strategi lebih lanjut, menggabungkan feedback yang diperoleh dari user potensial, dan memperbaiki produk sebelum launching secara resmi. Poin penting dalam validasi prototype adalah memastikan kepuasan konsumen karena feedback tersebut dapat mengetahui bahwa produk atau layanan yang sedang dikembangkan memenuhi kebutuhan, harapan, dan preferensi pengguna. Validasi prototipe membantu mengurangi risiko pengembangan produk atau layanan yang gagal. Dengan memperoleh wawasan langsung dari pengguna potensial, Ini membantu menghindari pengeluaran yang tidak perlu dan waktu yang terbuang dalam mengembangkan sesuatu yang tidak diminati oleh pasar. Selain itu tahap ini dapat mengoptimalkan experience dari user tersebut, karena dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan desain dan fitur yang ada. Feedback juga dipelukan untuk mengambil keputusan dalam pengembangan produk. Peluang keberhasilan produk juga dapat meningkat dengan memahami kebutuhan dan keinginan user potensial secara lebih baik, kita dapat menciptakan solusi yang relevan dan menarik bagi mereka.

Validated-Prototype---Pentingnya-Feedback-dari-User-3

Keterlibatan langsung user sejak awal sangat penting untuk mencapai kesuksesan yang lebih baik. Oleh karena itu, dalam upaya meraih kesuksesan di dunia bisnis yang kompetitif, keterlibatan dan keterbukaan terhadap masukan dari user potensial adalah kunci utama yang perlu dipegang teguh.