Prototyping sangat penting dalam proses bisnis karena sebuah ide bisnis yang telah tervalidasi akan mulai sebuah perjalanan baru, selangkah mendekati nyata. Tahap ini adalah tahap yang krusial bagi seorang entrepreneur karena merupakan pengujian ide dalam bentuk produk atau jasa sehingga dapat melihat bagaimana produk atau jasa tersebut akan berfungsi dan mendapatkan feedback dari pelanggan maupun calon konsumen.

Rabu, 3 Mei 2023, masih dalam rangkaian workshop SRL yang sama, Bisnis Inkubator telah mengadakan workshop SRL 4 yaitu “Protoyping” secara onsite di Aula Binus @Malang. Dalam tahap prototyping, pemilik bisnis dapat melihat apakah produk atau jasa yang akan dikembangkan sesuai dengan value proposition yang telah didapatkan pada tahap sebelumnya. Selain itu, proses ini juga dapat mengidentifikasi masalah-masalah potensial, sehingga bisa memperbaikinya sebelum produk atau jasa tersebut launching di pasar. SRL 4 juga meminta pemilik bisnis untuk fokus pada perubahan wujud dari ide tersebut sehingga bisa menjadi sebuah produk yang bisa dirasakan, digunakan, dan memiliki bentuk fisik minimal yang berfungsi dengan baik (Minimum Viable Product/MVP). Dengan adanya tahap prototyping, kita juga dapat memahami berapa jumlah biaya produksi dan penetapan harga produk atau jasa yang tepat, sehingga dapat mengembangkan strategi bisnis yang lebih efektif dan memastikan keberhasilan bisnis kita di pasar.

From Idea to Reality: Memahami Proses Prototyping untuk Pengembangan Produk yang Sukses 2

Proses prototyping adalah sebuah proses perbaikan dari waktu ke waktu, yang tidak bisa diselesaikan hanya dalam satu kali trial & error untuk mendapatkan produk yang sesuai dengan ekspektasi user potensial. Proses prototyping bisa terjadi berkali-kali, bahkan hanya untuk mendapatkan perwujudan yang tepat dari ide bisnis yang sudah tervalidasi. Pemilik bisnis harus memahami komponen dan tahapan dalam menyusun prototype, sekaligus biaya yang harus disiapkan dan dikeluarkan dalam proses pembuatan sebuah produk.

From Idea to Reality: Memahami Proses Prototyping untuk Pengembangan Produk yang Sukses 3

Dalam keseluruhan tahapan SRL, prototyping merupakan tahapan yang paling penting dan menentukan bagi sebuah bisnis startup. Dengan pemahaman yang tepat tentang proses prototyping, pemilik bisnis dapat menghasilkan produk yang sesuai dengan harapan konsumen dan pasar, sehingga bisnis startup dapat sukses dan bertahan dalam jangka panjang.