Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia 2021

1. Merupakan upaya untuk mendorong munculnya wirausahawan muda di PT, Direktorat Belmawa Ditjen Dikti Kemdikbud.
2. Program KBMI ini juga diharapkan mampu mendukung visi misi pemerintah yang tertuang dalam Renstra Kemdikbud untuk pengembangan wirausaha baru dalam mewujudkan kemandirian bangsa melalui pengembangan kewirausahaan mahasiswa.
3. Program KBMI diharapkan juga dapat menghasilkan karya kreatif dan inovatif dalam membuka peluang usaha yang berguna bagi mahasiswa setelah menyelesaikan studi.

Pada awal Mei 2021 yang lalu dalam pengumuman peserta yang lolos KMBI disebutkan bahwa 5 kelompok lolos dalam seleksi KBMI dan akan menerima dana bantuan sampai dengan Rp. 25.000.000,- (Dua Puluh Lima Juta Rupiah).

Cupang babeh digawangi oleh tiga mahasiswa Binus University dari jurusan Business Creation – Alessandro Susanto, Ferrel Young dan Vincent Tandiono. Tiga mahasiswa ini memutuskan untuk mengembangkan sebuah bisnis yang berawal dari minat besar mereka terhadap ikan cupang (betta-fish). Minat ini juga dibarengi dengan keinginan mereka untuk mengembangkan jenis cupang yang ada saat itu untuk menjadi cupang yang memiliki kualitas ekspor, hingga – tujuan jangka panjangnya adalah meningkatkan harga Cupang dari Indonesia di pasar internasional.

Cupang Babeh didirikan pada pertengahan 2018, dan memfokuskan diri pada budidaya Cupang berkualitas ekspor. Tujuan utama budidaya ini adalah untuk membuat breed super dengan kualitas ekspor. Seperti diketahui, salah satu daya tarik ikan cupang adalah penampilan yang cantik. Budidaya cupang yang dikembangkan Cupang Babeh menghasilkan variasi cupang eksotis yang beragam, mulai dari Cupang Multicolor, Fancy Copper, Nemo Copper hingga Jamu Kutir, yang masing-masing memiliki kelompok penggemar yang beragam.

Perjalanan sepanjang empat tahun dari Cupang Babeh serta keberhasilan mereka mengembangkan berbagai jenis Cupang Super kualitas ekspor mendapat apresiasi yang sepadan. Pada penghujung tahun 2021, tepatnya pada bulan Desember 2021, dibawah bimbingan Coach Satrio Matin Utomo dari Binus Incubator, Cupang Babeh berhasil meraih pendanaan dari Dikti melalui ajang KBMI 2021. Cupang Babeh berhasil meraih predikat Juara I dalam ajang Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia 2021 dalam sub kategori Produk/Budidaya.