Enrichment Program

Untuk memberikan pengkayaan kepada mahasiswa program pendidikan jenjang S1 dan D4 di Universitas Bina Nusantara, mahasiswa dapat mengikuti E nrichment Program yang telah ditentukan oleh Program Studi masingmasing dengan jangka waktu 4 – 6 bulan (40 jam kerja/minggu). Melalui Enrichment Program mahasiswa diharapkan dapat memperoleh knowledge baru, memperdalam EES (Employability and Entrepreneurial skill) dan juga mempraktekkan pengetahuan dan ketrampilan yang sudah dimiliki. EES (Employability and Entrepreneurial skill) merupakan sekelompok keterampilan utama sebagai pelengkap core competition
(hard skill) yang sudah dipelajari di program studi masing-masing, untuk mempersiapkan lulusan Universitas Bina Nusantara bekerja di perusahaan/institusi/komunitas dan berwirausaha. Enam (6) keterampilan utama (soft skill) dalam EES adalah self management , team work , communication , initiative & enterprise , problem solving & decision making , planning & organizing .

Enrichment Program terdiri dari 5 track, yaitu:

1. Internship Track
Merupakan program magang penuh waktu di industri. Value Proposition : Mempersiapkan mahasiswa dengan pengalaman kerja nyata untuk berkarier di masa depan.

2. Community Development Track
Merupakan program yang dilakukan oleh dosen, staf, dan juga mahasiswa untuk mencapai misi ke-5 Universitas Bina Nusantara, yaitu meningkatkan kualitas hidup bagi bangsa Indonesia dan komunitas internasional. Terdapat 2 (dua) jenis kegiatan, yaitu: Voluntary Services dan Community Development (termasuk pengembangan sistem). Value Proposition : Mempersiapkan mahasiswa agar memiliki kompetensi di bidang sosial.

3. Research Track
Merupakan program penelitian kolaboratif antara dosen dengan mahasiswa dimana mahasiswa terlibat langsung dalam kegiatan penelitian yang mengasah kemampuan mahasiswa dalam penulisan ilmiah. Value Proposition : Mempersiapkan mahasiswa agar memiliki kemampuan analisis yang baik. Dalam kegiatan penelitian ini, mahasiswa bertindak selaku anggota team peneliti.

4. Entrepreneurship Track
Merupakan program magang penuh waktu, dimana mahasiswa Entrep renurship Track dipersiapkan untuk dibina dalam membangun konsep dan mengeksekusi bisnisnya. Value Proposition : Mempersiapkan mahasiswa dengan pengalaman nyata untuk menjadi pengusaha melalui bisnis start – up .

5. Track Study Abroad

Merupakan program yang memungkinkan mahasiswa dapat belajar di luar negeri selama 1 (satu) atau 2 (dua) semester, dengan skema transfer kredit yang dilaksanakan di partner Binus University. Melalui stu dy abroad mahasiswa diharapkan mendapatkan pengalaman intercultural , memiliki keunggulan kompetitif di dunia kerja dan memperkaya soft skill dalam bersikap dan berkomunikasi. Value Proposition : Mempersiapkan mahasiswa dengan memiliki banyak pengalaman internasional.

Track yang akan dipilih oleh mahasiswa harus sesuai dengan kompetensi dari program studi/program masing – masing

Entrepreneurship Track

  • Tujuan dari Program 3+1 Entrepreneurship track adalah memberikan pengalaman yang nyata sebagai entrepreneur dalam menciptakan dan menjalankan bisnis.
  • Di dalam program Entrepreneurship track mahasiswa akan belajar menciptakan, mengembangkan ide bisnis dengan Business Model, pengembangan pasar, membuat prototype dan pengembangan produk dengan menjalankan bisnis startup.
  • Entrepreneurship track dapat diikuti untuk satu semester atau dua semester sekaligus tergantung dari ketentuan dari kurikulum jurusan.
  • Target dari semester pertama mahasiswa dapat membuat prototype dan melakukan validasi. Target dari semester ke dua, melanjutkan hasil dari semester pertama untuk dapat dilakukan pengembangan usahanya.

Manfaat untuk mahasiswa:

  • Mempunyai bisnis yang sudah menghasilkan yang sudah monetized sebelum lulus
  • Selama program mahasiswa akan didampingi untuk mengidentifikasi potensial pasar, menghubungkan ke vendor, mensupport dalam monetizing, , mencari investor, mengarahkan untuk berkompetisi dengan kompetitor.
  • Cekatan dan pembelajaran dengan pengalaman dari masalah nyata di Industri
  • Di berikan kesempatan untuk mengikuti berbagai macam event (mis: Tech in Asia; Startup World Cup dan informasi khususnya dari Entrepreneur dari Alumni Binus.
  • Mahasiswa akan disupport oleh dosen dari seluruh prodi sesuai dengan ide bisnisnya.
  • Potensi untuk diinvestasi oleh investor.
  • Produk prototype dapat digunakan sebagai bahan skripsi
  • Berpotensi untuk dapat menghasilkan pendapatan Rp 300 juta / thn sebelum lulus (untuk sementara ini belum menjadi kriteria kelulusan)

 

Value Proposition Entrepreneurship Track

Kriteria Administrasi

  • Academic IPK 2 ; Minimal sks kumulatif : sks lulus dengan kelipatan 15 sks / semester
  • Mahasiswa wajib untuk berkantor di co-working space di kampus Kemanggisan atau Alam Sutera dan akan didampingi oleh fulltime coach setiap hari.
  • Jam kerja dari Senin – Jumat – 40 jam/ minggu
  • Periode Internship: 20 Minggu per semester (Dimulai dari hari pertama kuliah)
  • Di dalam Program 3+1 mahasiswa tidak libur selama semester pendek
  • Di dalam Program 3+1 mahasiswa tidak diperkenankan untuk mengikuti semester pendek
  • Mahasiswa dapat memilih untuk mengikuti Program 3+1 Entrepreneurship untuk satu semester atau dua semester sekaligus (tergantung kurikulum jurusan)

3+1 Entrepreneurship Proses Intake Selection

Pre-Incubation Program

Untuk Mahasiswa yang berminat untuk mengikuti Program 3+1 Entrepreneurship diwajibkan untuk mengikuti program pre inkubasi.

Program Pre inkubasi diberikan kepada mahasiswa untuk dilakukan konsultasi /coaching sebelum masuk ke dalam program 3+1 Entrepreneurship, untuk mematangkan konsep bisnisnya. Mahasiswa yang memilih track Entrepreneurship baik di prioritas pertama ataupun ke dua diwajibkan untuk mengikuti program pre inkubasi setelah sosialisasi dilakukan dengan menghubungi langsung coaches team  Entrepreneur di no telp / wa, email maupun ruangan terlampir dibawah

Prosedur untuk masuk ke dalam program 3+1 Entrepreneurship – Pre Inkubasi

  • Buat Business Model Canvas (BMC) dari ide business yang akan dijalankan serta jelaskan dalam bentuk narasi hubungan needs dari target customer nya dengan value propositionnya.
  • Perkuat ide diatas dengan analisa industri yang mencakup:
  • Data industri di perusahaan serupa , data industri dari customer serta data industri dari supplier.
  • Informasi perusahaan terkuat di industri yang akan digeluti. Buat BMC nya untuk menterjemahkan strategi business kompetitor.
  • Cari data dan informasi untuk menjelaskan target peluangnya. Seberapa menariknya bisnis ini.
  • Minimal melakukan 3x coaching per kelompok dengan menjawab pertanyaan yang diberikan. Mahasiswa dapat sesegera mungkin melakukan coaching setelah pemilihan track hingga proses seleksi berlangsung. Untuk yang terpilih dipersilahkan untuk melanjutkan proses coachingnya hingga masuk kuliah berlangsung.
  • Kumpulkan dalam bentuk paper dengan melampirkan pre-incubation log booknya sebagai bahan seleksi.