Sebagai bagian dari upaya untuk memastikan kehalalan produk yang dihasilkan oleh para pelaku usaha di bidang Food and Beverage (F&B), LP3H Pusat Halal Salman ITB bekerjasama dengan Ibu Meirani Rahayu, seorang pendamping halal, mengadakan serangkaian kegiatan bersama enam tim bisnis F&B. Berikut ini adalah daftar enam peserta Business Incubator Bandung dibidang F&B yang berpartisipasi dalam program ini:

  • Pangsit Sekawan
  • Archangle
  • D’javu
  • Petitreats
  • Aynafoods
  • MILX

Pada tanggal 9 Maret 2023, kegiatan pertama yang dilaksanakan adalah diskusi pengisian form pendaftaran, persiapan ijin, dan klarifikasi data mengenai penggunaan bahan produksi. Diskusi ini bertujuan untuk memastikan semua tim bisnis F&B memahami persyaratan yang harus dipenuhi guna memperoleh sertifikasi halal.

Kegiatan Sertifikasi Halal 2

Selanjutnya, pada tanggal 12-14 Maret 2023, dilakukan verifikasi dan validasi (verval) di lapangan. Dalam kegiatan ini, Ibu Meirani Rahayu, sebagai pendamping halal, melakukan pengecekan langsung ke tempat produksi keenam tim bisnis tersebut. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memastikan bahwa prosedur yang dijalankan oleh masing-masing tim bisnis sesuai dengan form yang telah diisi dan persyaratan kehalalan.

Kegiatan Sertifikasi Halal 3

Kegiatan verifikasi dan validasi lapangan ini merupakan langkah penting untuk memastikan kehalalan produk F&B yang dihasilkan oleh para pelaku usaha. Kolaborasi antara LP3H Pusat Halal Salman ITB dan tim bisnis F&B ini menunjukkan komitmen yang tinggi dalam upaya menyediakan produk halal bagi konsumen.