Prof. Amalia E. Maulana, Ph.D. merupakan Guru Besar Bidang Ilmu Pemasaran dan menjadi Guru Besar ke duapuluh lima yang dikukuhkan BINUS UNIVERSITY.
Beliau meraih gelar Ph.D dari School of Marketing, The University of New South Wales, gelar Master dari IPMI and Monash/Mt Eliza Business School, dan gelar sarjana dari IPB University.
Prof. Amalia membawa dua dimensi kepakaran melalui pengalaman panjang di industri praktis selama 12 tahun dan pengalaman akademis selama 17 tahun membuatnya menjadi seorang ahli marketing yang solusinya membumi dan bisa diterapkan.
Fokus risetnya meliputi perilaku konsumen, strategi branding dan rebranding, consumer insights dengan pendekatan etnografi dan metode kualitatif lainnya, digital branding, contemporary marketing dan thought leadership/personal branding serta penglolaan alumni yang berhubungan dengan branding universitas.
Tahun |
Prestasi/Penghargaan
|
Pemberi Penghargaan |
2021 | Best Paper Award
untuk artikel ilmiah dengan judul “Similarity confusion in frozen silver catfish fillet mislabelling and the impact on decision postponement” Diberikan kepada artikel ilmiah terbaik yang disubmisi dalam kegiatan internasional conference BAFE 2021 |
9 th International Conference on Business, Accounting, Finance and Economics 2021 Fostering Economic Recovery: Balancing Between Lives and Livelihoods |
2021 | Community Service Award,
Merupakan penghargaan yang diberikan kepada lecturer BINUS University yang memiliki kegiatan berdampak besar dan bermanfaat bagi masyarakat. Diberikan dalam rangka rangkaian kegiatan DIES Natalis BINUS University yang ke 40 |
BINUS University |
2021 | Best Presenter
untuk presentasi artikel ilmiah dengan judul “Typology of University-Industry Collaboration (UIC), Role of Alumni as the Intermediary Agent and the University Website Support” Diberikan kepada artikel ilmiah terbaik yang disubmisi dalam kegiatan internasional conference BICEBF 2021) |
Brawijaya International Conference on Economics, Business and Finance 2021 |
2021 | Best Paper Award
untuk artikel ilmiah dengan judul “ZMOT Brand Stories as Stimulus and Their Effect on Prospective Students of HEIs in the COVID-19 Pandemic Era” Diberikan kepada artikel ilmiah terbaik yang disubmisi dalam kegiatan internasional conference ICoBS 2021) |
The 2nd International Conference on Business Studies (ICoBS) 2021 |
2020 | Best Paper Award
untuk artikel ilmiah dengan judul “School Counsellors as Part of Higher Education Marketing: How Effective are they as Gatekeepers?”, Diberikan kepada artikel ilmiah terbaik yang disubmisi dalam kegiatan internasional conference BAFE 2020 |
8 th International Conference on Business, Accounting, Finance and Economics 2021 Fostering Economic Recovery: Balancing Between Lives and Livelihoods |
Hibah Penelitian
No. | Judul hibah | Skema Hibah/ Pemberi dana | Peran | Periode |
1 | Pemetaan Faktor Penghambat Adopsi Konsumsi Ikan sebagai Menu Makan di Luar Rumah (Out-of-home Fish Consumption) konsumen Urban di Indonesia | Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi/DIKTI | Ketua | 2021-2022 |
2 | Online Learning Experience And Its Influence In Creating Positive Zero Moment Of Truth (ZMOT) To Support The Higher Education Brand Image In The New Normal Era | Penelitian Internasional BINUS/ BINUS University | Ketua | 2021 |
3 | Exploration Of Omnichannel Readiness Of Micro And Small Enterprises (MSE) At Indonesian Fashion Shopping Market | Penelitian Professorship Binus / BINUS University | Ketua | 2021 |
4 | Meningkatkan Connectedness Alumni Perguruan Tinggi sebagai Konektor untuk Mempercepat Sinergi Industri, Perguruan Tinggi dan Pemerintah dalam Kerangka Model Triple Helix | Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi/DIKTI | Ketua | 2021 |
5 | Memahami Proses Berbelanja Hybrid Offline-Online Untuk Peningkatan Pemasaran Produk Fashion di Pusat Grosir | Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi/DIKTI | Ketua | 2019-2020 |
6 | Mengukur Alumni Connectedness: ‘Just Friends’, ‘Good Aquaintances’ atau ‘Soulmates’, sebagai Parameter Kekuatan sebuah Brand Universitas | Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi/Dikti | Ketua | 2018-2019 |
7 | Pemetaan Faktor Pendukung dan Penghambat Peningkatan Konsumsi Ikan di Indonesia di berbagai Segmen Konsumen Berbasis Perilaku | Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi/Dikti | Ketua | 2018-2019 |