Seminar: Peran Agama dan Aliaran Kepercayaan Dalam Pembangunan Berkelanjutan

Jakarta, CBDC- Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals atau SDGs) merupakan salah satu upaya global untuk mengatasi berbagai tantangan, baik lingkungan, sosial, maupun ekonomi yang dihadapi oleh umat manusia.

Tantangan Pembangunan berkelanjutan membutuhkan kerja sama dan solidaritas yang melampaui batas-batas kategoris baik dalam bidang ekonomi, ideologi politik, sosial, dan budaya. Hanya dengan kerja sama dan solidaritas lintas kategori ini ini, tantangan Pembangunan berkelanjutan dapat secara ideal dapat diatasi.

Menyadari pentingnya, kerja sama dan solidaritas yang melampaui batas kategoris untuk mengatasi tantangan Pembangunan Berkelanjutan, Unit Character Building Development Center, Universitas Bina Nusantara mengadakan seminar lintas agama dan aliaran kepercayaan.

Seminar ini akan berlangsung pada 7 Juni 2024 yang secara sentral dipusatkan di Kampus Anggrek, Universitas Bina Nusantara, namun secara online dapat diikuti oleh semua Binusian dari berbagai area Kampus seperti Binus Kampus Bandung, Binus Kampus Malang, Binus Kampus Semarang, Binus Kampus Bekasi dan Binus Kampus Alam Sutera.

Seminar ini mengambil tema “Membangun Kedamaian, Keadilan Sosial, dan Kerjasama Antar Umat Beragama dalam Konteks SDG”

Akan hadir sebagai pembicara adalah;

  1. Salman Habeahan (Direktur Pendidikan Katolik dan Ditjen Bima Katolik Kemenag RI.
  2. Sulaiman, M.Pd., Ph.D (Ketua/Rektor Sekolah Tinggi Agama Buddha Raden Wijaya Wonogiri)
  3. Budi S. Tanuwibowo. M.M. (Ketua Umum Majelis Agama Kong Hu Chu Indonesia)
  4. Dian Jennie Cahyawati, S.Sos (Ketua Puanhayati Pusat)
  5. Untung Suhardi (Dosen Character Building Agama, Universitas Bina Nusantara, Jakarta)
  6. Daulat (Dosen Character Building Agama, Universitas Bina Nusantara, Jakarta)
  7. Marsudi Fitro Wibowo (Dosen Character Building Agama, Universitas Bina Nusantara)

Seminar ini diharapkan dapat memberikan pemahaman lebih dalam mengenai hubungan antara agama, budaya, serta peran nilai-nilai religius dalam menciptakan kedamaian, keadilan sosial, dan memfasilitasi kerjasama antar umat beragama dalam mencapai tujuan bersama, yang sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDG).

Yustinus Suhardi Ruman