Kepemimpinan Menurut Xunzi

Oleh: Kristan 

Xunzi mengatakan salah satu hal penting yang wajib dipertimbangkan dalam memerintah sebuah negara ialah dengan mengangkat orang yang memiliki kemampuan sebagai pemimpin negara ini tercermin. Di dalam kitab Xunzi [9]:1 tertulis: “Haruslah memilih orang yang berbudi serta memiliki kemampuan sebagai pemimpin, menyingkirkan orang yang tidak bermoral. Orang yang melakukan kesalahan besar harus dihukum dan tidak perlu diberikan peluang untuk mendapatkan pendidikan lagi”.

Selain itu Xunzi juga berpendapat bahwa didalam memilih seorang yang memiliki kemampuan harus berdasarkan li dan mereka juga harus menjalankan li. Di dalam kitab Xunzi [10]:2 tertulis: “Kemakmuran dan kemerosotan serta kekayaan dan kemiskinan sebuah negara menunjukan suatu tanda-tanda tertentu. Jika golongan pemerintah tidak mempelajari li, maka pertahanan negara akan menjadi lemah. Jika pemerintah tidak mengasihi rakyatnya dan tidak menepati janjinya maka pertahanan negara juga akan menjadi lemah”.

Xunzi bisa dikatakan cenderung berpihak pada konsep monokrasi, di mana raja memiliki kekuasaan mutlak, namun juga kekuasaannya harus tetap dibatasi. Maka untuk mengatasi hal ini seorang pemimimpin harus memilih seorang yang memiliki kemampuan sebagai pembantunya. Di dalam kitab Xunzi [12] tertulis: “Keinginan sebuah negara untuk maju dan berkembang seluruhnya bergantung penuh kepada orang yang memiliki kemampuan.” Mengangkat orang yang memiliki kemampuan juga bergantung kepada perilaku masing-masing orang yang akan dipilih serta mempertimbangkan kemampuannya. Menurut Xunzi seorang pemimpin negara haruslah memiliki kelakuan yang baik dan kemampuan. Orang tersebut haruslah memahami prinsip li dan menghormati serta mengasihi rakyat.

Di dalam kitab Xunzi [25] tertulis: “Seperti apakah seseorang itu bisa dianggap orang yang berbudi? Yaitu, memahami perbedaaan status dan tanggung jawab antara raja dan menteri, menghormati raja dan mengasihi rakyat”. Dari segi kemampuan seorang pemimpin harus mampu bersikap dinamis. Seperti yang tertuang dalam kitab Xunzi [13]:1 berikut: “Dapat menghadapi perubahan yang cepat serta menyelesaikan masalah dengan menyeluruh”.

Selanjutnya di dalam kitab Xunzi [14]:1 tertulis: “Kelemahan seorang raja bukan berarti ia tidak mampu mengangkat orang yang memiliki kemampuan, tetapi itu karena ia bersikap tidak jujur dan ikhlas”. Maksudnya raja haruslah memberi kepercayaan sepenuhnya kepada orang yang telah dipilihnya. Di dalam kitab Xunzi [14]:1 tertulis: “Jika mengangkat orang yang berkemampuan dengan cara lisan saja dan tidak mendukung perbuatan mereka, ini disebut sebagai perbuatan yang tidak sesuai dengan kata-kata”. Xunzi mengutamakan mengangkat orang yang memiliki kemampuan sebagai pemimpin.

Di dalam kitab Xunzi [24]:2 tertulis: “Sebuah negara akan terperintah dengan baik apabila seorang raja mengangkat orang yang memiliki kemampuan, sebaliknya negara akan runtuh apabila tidak dilakukan demikian. Maka dikatakan menghormati dan memilih orang yang memiliki kemampuan sebagai pemimpin negara, maka raja tersebut akan mendapat dukungan dari rakyat”.

Kristan