Menikmati Masalah

Oleh: Linda Mutiara Lumban Tobing (CBDC Binus Semarang)

Menikmati masalah, kok bisa? Meskipun terdengar aneh, namun kita dapat menikmati segala jenis masalah yang ada dalam hidup ini.

Ada yang memiliki masalah keluarga, keuangan, pekerjaan, kesehatan ataupun masalah lainnya. Tidak jarang, semua masalah yang ada, membuat seseorang merasa kecewa, sedih berlebihan bahkan tidak sedikit yang menyerah dalam menghadapi masalah tersebut.

Masalah-masalah  yang kita hadapi seperti riak ombak di lautan. Ada ombak yang kecil dan sesaat kemudian, tanpa terduga ombak besar datang menghempas. Masalah besar pun melanda, dan kebanyakan orang tidak siap menghadapi ombak besar dalam hidupnya. Rasanya ingin menghilang bahkan ada yang memilih lari untuk menghindarinya.

Namun sangat disayangkan, menghilang ataupun lari dari masalah hidup, tidak akan pernah menjadi jalan keluar yang terbaik. Mengapa? Karena mungkin saja kita akan kembali berhadapan dengan masalah yang sama. Misalnya, kita mendapati ada orang-orang yang menyebalkan di kantor. Apakah di kantor yang baru ada jaminan bahwa kita tidak akan bertemu kembali dengan orang yang menyebalkan itu? Yang perlu kita lakukan adalah hadapi dan nikmati masalahnya dan nikmatilah hidup di tengah ombak. Meskipun terdengar aneh, kita pasti bisa menikmati segala jenis masalah yang ada di dalam hidup ini.

Mengapa harus kita nikmati? Karena di balik semua masalah yang kita hadapi ada rencana indah yang Tuhan siapkan untuk kita. Tuhan menggunakan masalah untuk kebaikan kita. Tuhan menguji, mengoreksi, melindungi dan menyempurnakan hidup kita melalui masalah. Masalah di ijinkan terjadi tidak melampaui kekuatan kita. Jadi jika kita menanggapi masalah dengan cara dan pandangan yang benar, masalah tersebut bisa membentuk kita dan mengarahkan kita ke arah yang baru dan memberikan kita motivasi untuk berubah.

Ingatlah, apapun masalah saya, bukan saya masalahnya! Apapun masalah saya, bukan tanda bahwa iman saya lemah!, Apapun masalah saya, Tuhan saya lebih besar dari masalah saya. Karena saya kuat, maka masalah diijinkan untuk dijalani. Saya percaya, di setiap masalah yang terjadi, Tuhan memberikan solusi!

Mulailah hari ini dengan mengisi hidup kita dengan ucapan syukur agar kita dapat melihat kasih dan kebaikan Tuhan. Walaupun banyak persoalan yang terjadi, percayalah bahwa kebaikan Tuhan melebihi setiap masalah dan Ia pasti memberikan pertolongan-Nya bagi kita. Karena itu nikmatilah masalah bersama dengan Tuhan.

Linda Mutiara Lumban Tobing