Guys…. Hidup Itu Simple

Oleh: Linda Mutiara Lumban Tobing

Hai guys, loe tahu ga kalau hidup itu simple. Jalani saja kemudian nikmati dan lihat hasilnya. Hasilnya saja bisa bermacam-macam loh. Namun yang terpenting adalah bagaimana cara gue dan loe menyikapinya.

Guys, jangan mempersulit diri loe dengan berpikiran terlalu melebihi. Nikmatilah hidup loe. Susah senang tetaplah nikmati hidup loe.

Guys, tahu ga loe, mengapa seseorang terlihat tidak bahagia dalam menjalani hidupnya? Itu pertama karena loe mempersulit diri  loe dengan berpikiran terlalu melebihi. Loe  sering cenderung membuat hidup itu jauh lebih sulit daripada seharusnya. Padahal, hidup itu bisa jadi lebih simple jika loe mau memandangnya dengan perspektif yang tepat dan benar. Kemudian lakukanlah apa yang ingin loe lakukan selagi itu tidak merugikan orang lain.

Nah yang kedua adalah karena loe itu suka membandingkan diri loe dengan orang lain. Guys, membandingkan diri loe dengan orang lain sebenarnya adalah hal yang wajar. Hal ini agar loe  dapat mengukur pencapaian dan termotivasi menaikkan target. Namun jangan sampai loe hanya fokus memperhatikan kekurangan dan melupakan kelebihan yang loe sendiri miliki. Membandingkan diri loe dengan orang lain bukan lagi hal yang baik ketika orang lain menjadi patokan kualitas hidup loe. Kebiasaan ini dapat memicu perasaan iri yang dapat menurunkan rasa percaya diri, menghambat potensi diri, membuat murung, memicu quarter life crisis, dan menimbulkan perasaan tidak berharga bahkan dapat menyalahkan diri loe dan akhirnya pesimis. Guys, perasaan tidak pernah puas hanya akan membuat loe lupa untuk bersyukur, menjauh dari rasa bahagia dan membuat hidup semakin terpuruk.

Masing-masing orang itu berbeda loh guys. Hidup apa adanya akan terlihat lebih original. Namun berusaha gigih akan terlihat hidup lebih hidup.

Guys, hidup itu pilihan. Apapun yang menyakiti loe, tinggalkan dan apapun yang membuat loe bahagia, pertahankan. Loe bisa memilih meninggalkan segala sesuatu yang membuat loe tidak bahagia dan dapat mempertahankan segala sesuatu yang membuat hidup loe merasa nyaman dan bahagia. Kebahagiaan akan datang ketika loe bisa mengambil pilihan yang tepat dan bisa meninggalkan apapun yang membuat loe sedih. Nah, jika loe tidak dapat pergi dari orang yang hanya membuat loe sakit hati maka loe harus terima kenyataan bahwa loe tidak akan pernah mendapatkan kebahagiaan. Jadi guys, pertahankan apapun yang membuat loe bahagia.

Guys, hidup itu simple loh, yang buat ribet itu adalah gaya hidup loh. Gaya hidup yang tidak sesuai dompet loe. Sebenarnya dasar kehidupan manusia itu sederhana, tetapi banyak orang seringkali membuatnya menjadi lebih rumit dengan gaya hidup, tuntutan, atau ekspektasi yang tinggi. Ada beberapa orang yang memiliki pemikiran bahwa harta, kekayaan, atau uang bukanlah satu-satunya hal yang membuat mereka bahagia. Sebagian orang justru memilih hidup biasa saja namun tetap bahagia dengan apa yang mereka sukai.

Guys, hidup akan menjadi lebih indah saat loe dan gue selalu bersyukur dan tidak mengeluh atas apa yang terjadi dalam hidup ini. Nikmati apa yang ada dan syukuri apa yang belum ada.  Saat hati kita  dipenuhi oleh rasa syukur, pastilah berkat itu akan terus mengalir dan hidup pun akan terasa jauh lebih mudah. Jadi sesimple itu kan guys… Namun yang sering terjadi, loe sering membuat hidup itu, ibarat benang kusut yang terlalu sulit untuk diluruskan kembali.

Sabar ya guys, semua hanya masalah waktu. Pada saat yang tepat, bahkan disaat kita tidak menyadarinya, Tuhan pasti memberikan jauh dari yang kita pikirkan. Karena itu, nikmati hidup loe dan jalani dengan senyuman ya guys.

Linda Mutiara Lumban Tobing