Bagaimana Merawat Persistensi?

Oleh: Adie Erar Yusuf [Faculty Member, Character Building Development Center, Universitas Binus]

Angela Duckworth dalam bukunya tentang Grit menulis ada 4 elemen vital yang akan membuat kita dapat merawat kegigihan dalam diri kita. Elemen-elemen tersebut meliputi:

1. Minat Mendalam (Passion).

Anda tak akan mungkin mampu bertahan dan berjuang menghadapi masalah yang begitu berat, jika tidak mencintai apa yang Anda kerjakan, atau jika Anda tak punya cinta murni akan apa yang Anda impikan. Untuk  mampu memiliki kegigihan berjuang dalam jangka Panjang  dengan tantangan yang bertubi-tubi,  maka Anda harus punya passion atau minat mendalam terhadap arena bidang yang ditekuni. Tanpa adanya passion dan kecintaan akan bidang yang ditekuni, maka dipastikan akan berhenti ditengah jalan.

2, Praktek Berkelanjutan (Deliberate Practice)

Kegigihan hanya akan tumbuhkembang jika Anda melakukan praktek yang terus menerus. Jika anda mau melakukan praktek kerja yang menantang, cukup sulit dilakukan, dan Anda melakukan secara spartan berani, tak kenal menyerah, disipilin dan percaya diri. Selalu melakukan latihan-latihan secara tepat, berulang dan berkelanjutan

3. Memiliki Tujuan (Purpose)

Anda akan memiliki kegigihan  (grit) jika Anda memiliki tujuan mulia (noble purpose) dibalik kegiatan yang Anda cintai itu. Sehingga Anda dapat bertahan dalam perjuangan yang panjang dan melelahkan. Memiliki Tujuan dapat Anda rumuskan sendiri sesuai dengan nilai-nilai  yang Anda miliki. Contoh memiliki tujuan adalah hasil kerja saya yang bermanfaat bagi orang lain, bisa membantu banyak orang, membahagiakan orang-orang membutuhkan.

4. Harapan (Hope)

Kegigihan hanya akan tumbuh bila Anda merasa memiliki harapan bahwa apa yang Anda lakukan akan berhasil. Mungkin banyak orang berhenti ditengah jalan, karena merasa harapannya tidak berhasil. Cara mengatasinya dapat dilakukan dengan menyusun atau memilah menjadi target-target kecil (small goals) yang bisa diraih sepanjang perjalanan Anda. Target-target kecil adalah perwujudan dari perbaikan mikro. Perbaikan yang kelihatannya kecil, tetapi secara bertahap akan membesar dan berdampak besar. Jadi dapat disiimpulkan bahwa harapan akan dapat terus hidup  jika Anda memiliki target-target kecil  yang relatif mudah dicapai.

Referensi:

Duckworth, A.L, & Quinn, P.D. (2009). Development and validation of the Short Grit Scale (Grit- S). Journal of Personality Assessment, 91, 166-174. http://www.sas.upenn.edu/~duckwort/images/Duckworth%20and%20Quinn.pdf

Dr. Adie Erar Yusuf