Keberagaman itu Kekayaan Indonesia

Oleh: Dr. Ramot Peter, S.Pd., M.Th

Keberagaman suku, budaya, bahasa di Indonesia merupakan kekayaan bangsa Indonesia yang tidak dimiliki bangsa lain dan anugerah besar (given) dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Ada berbagai sumber data yang menjelaskan tentang keberagaman yang ada di Indonesia, di antaranya: terdapat 1340 suku (hasil survei Badan Pusat Statistik tahun 2010), ada sejumlah 750 bahasa daerah (hasil survei statistik kebahasaan pada tahun 2019 yang dilakukan oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan), dan berbagai hasil survei lainnya. Berbeda suku dalam satu wilayah daerah tertentu dapat menunjukkan berbeda bahasa dan berbeda budaya. Betapa sangat kayanya Indonesia dengan kelimpahan suku, bahasa, dan budaya yang ada. Namun, kekayaan ini belum dapat memberikan manfaat bagi bangsa jika belum diberdayakan dengan baik.

Keberagaman suku, budaya, dan bahasa Indonesia merupakan kekayaan yang menjadikan bangsa Indonesia memiliki keunikan tersendiri di antara bangsa-bangsa di dunia. Keunikan ragam suku, bahasa dan budaya tersebut merupakan harta warisan yang tak ternilai harganya dan sudah sepatutnya untuk terus dilestarikan dan dijaga keberadaannya. Pada dasarnya, keberagaman sebagai atribut yang menciptakan dan memperkuat persepsi bahwa satu individu berbeda dari individu lain. Hal inilah yang membuat Indonesia memiliki perbedaan yang unik di antara bangsa-bangsa lain di dunia. Betapa dahsyatnya, kekayaan berupa keberagaman yang Indonesia miliki jika dapat dijadikan sarana untuk mendatangkan devisa sebagai modal pembangunan kesejahteraan masyarakat Indonesia di masa mendatang.

Oleh karena itu, sudah saatnya untuk melakukan gerakan bersama antara pemerintah dan masyarakat untuk terus menjaga dan merawat bahasa dan budaya dalam keberagaman suku yang ada di Indonesia karena memiliki nilai yang tinggi. Kekayaan bangsa Indonesia perlu diperkenalkan kepada dunia melalui pentas-pentas nasional maupun internasional yang diharapkan dapat mendatangkan devisa sebagai pendapatan negara untuk mendukung pembangunan. Mari terus menjaga, merawat, melestarikan budaya-budaya warisan leluhur sebagai anugerah Tuhan dan memperkenalkan kepada seluruh bangsa di dunia. Di samping itu, upaya-upaya lainnya perlu dilakukan untuk mendapatkan pengakuan dunia internasional terhadap budaya-budaya Indonesia agar tidak mudah dicuri dan diklaim oleh bangsa-bangsa lain.

Ramot Peter