Belajar bersama di Rusun Pinus Elok

Pada hari Sabtu tanggal 26 November 2022, jam 19.00 – 21.00 WIB, bertempat di Rusun Pinus Elok Blok A yang terletak di daerah Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur, kami Dosen FM Binus dari unit CBDC mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Kegiatan ini terlaksana atas kerja sama CBDC Binus dan PKBM Pinus Elok yang dibina oleh Ibu Salshabila F.R. Ilyas bersama timnya.

Pada kesempatan tersebut Dosen CBDC yang hadir ada 3 orang, yaitu Bp Faustinus, Ibu Rina dan Bp Nikodemus. Karena kondisi hujan dan tempat yang baru pertama kali dikunjungi, para Dosen sedikit datang terlambat. Namun sambutan hangat dari Ibu Salsha dan tim yang sudah siap di lokasi serta antusias dari peserta yang hadir membuat cair suasana sehingga tepat jam 19.10 kegiatan sudah dapat dimulai.

Yang pertama dilakukan adalah memperkenalkan diri masing-masing dan menyampaikan maksud dari kedatangan para Dosen dari Universitas Bina Nusantara. Lalu dilanjutkan dengan paparan dari Pak Tinus, yang disampaikan dengan sangat antusias, sambil diselingi dengan ice breaking yang membuat peserta dapat berpartisipasi dengan baik. Setelah itu Pak Niko memberikan sharing terkait kesadaran akan tanggung jawab terhadap diri sendiri dan orang lain. Para peserta diberi motivasi agar tetap semangat dan percaya pada diri sendiri serta mau terus mengembangkan diri dan kemampuan. Melalui video singkat perjalan hidup Farrel Prayoga, peserta diberi inspirasi agar tidak menyerah dan terus berusaha melakukan tugas dan pekerjaan dengan sebaik mungkin. Pada bagian akhir Ibu Rina memberi kesempatan para peserta untuk saling bekerja sama dan berpikir kreatif. Mereka dibagi di dalam beberapa kelompok dan diberi bekal kertas origami. Selanjutnya mereka diminta membuat jembatan seturut kreativitas mereka dalam waktu yang ditentukan.

Para peserta sangat antusias. Jumlahnya kurang lebih 15-an orang. Ada pria ada juga wanita. Usia mereka sangat variatif dan datang dari berbagai latar belakang. Ada yang masih sangat muda, namun ada yang sudah berkeluarga dan punya anak. Ada tukang parkir, satpam, penjaga toko, remaja putus sekolah, korban pemutusan hubungan kerja dan lain sebagainya. Namun sangat positif bahwa mereka masih mau duduk dan belajar bersama. Mereka berpakaian rapi selayaknya siswa dari sekolah formal. Namun semangat mereka terlihat dari keterlibatan dan partisipasi mereka dalam dialog dengan para Dosen.

Harapannya bahwa ke depan para Dosen CBDC diberi kesempatan lagi untuk dapat berbagi ilmu dan juga keterampilan lain kepada para peserta didik di PKBM Pinus Elok, terutama

dalam berkontribusi membangun karakter yang baik dan menggugah semangat untuk membangun diri terus menerus demi masa depan yang lebih baik.

Nikodemus Thomas Martoredjo