Peran Media Sosial dalam Integrasi Nasional

Oleh: Michelle Angela | PPTI 12 |2502041275

 Indonesia merupakan negara yang sangat beragam. Mulai dari suku, ras, agama, bahasa, budaya, dan sebagainya. Keberagaman ini menunjukkan bahwa rakyat Indonesia itu berbeda-beda dan saling membutuhkan. Keberagaman yang dimiliki oleh Indonesia ini memerlukan semangat persatuan dan kesatuan yang harus dimiliki oleh seluruh masyarakat Indonesia demi menjaga persatuan dan keutuhan bangsa. Hal ini dikenal dengan integrasi nasional. Integrasi nasional dapat dicapai apabila masyarakat Indonesia menyadari dan mau mencapainya bersama-sama.

Seiring berkembangnya jaman, teknologi dan internet semakin berkembang pula. Penggunaan internet di negara Indonesia menduduki peringkat keenam terbanyak di dunia. Salah satu media di internet yang sangat berkembang adalah media sosial. Penggunaan media sosial sedang marak dalam kalangan masyarakat Indonesia. Media sosial digunakan sebagai media untuk berkomunikasi dan saling berbagi informasi. Tidak hanya berkomunikasi, media sosial juga sudah digunakan untuk bisnis dan lapangan pekerjaan.

Integrasi nasional dapat dicapai melalui media sosial. Dengan memanfaatkan media sosial sebagai jembatan untuk berkomunikasi, integrasi nasional dapat tercapai dalam keberagaman dan perbedaan yang ada dalam masyarakat Indonesia. Dengan saling berkomunikasi dan berinteraksi melalui media sosial dapat menimbulkan rasa integrasi antar satu individu dengan individu lainnya tanpa memandang ras, suku, agama, maupun budaya. Integrasi nasional dapat tersalurkan dengan baik melalui media sosial.

Selain dampak positif, media sosial juga dapat memberikan dampak negatif terhadap integrasi nasional apabila kita tidak menggunakannya dengan bijaksana. Dengan memanfaatkan kecepatan penyebaran informasi melalui medai sosial untuk menyebarkan hal-hal kebencian dan memprovokasi orang lain lewat komentar atau postingan yang kita berikan di media sosial. Meskipun media sosial mendekatkan kita dengan orang-orang yang berjarak jauh, tapi malahan dapat membuat kita jauh dengan orang-orang di sekitar kita. Hal ini dapat dihindari dengan lebih memperhatikan dan hati-hati dalam menggunakan media sosial. Apabila masyarakat Indonesia dapat menjadi pengguna media sosial yang bijaksana, integrasi nasional dapat tercapai dengan mudah melalui media sosial yang dapat mempersatukan masyarakat Indonesia dan mempererat nilai nasionalisme.

Michelle Angela