Partisipasi Masyarakat Global dalam Menanggapi Isu Invasi Rusia ke Ukraina

Oleh: Christina | PPTI 11 | 2502040215

Manusia adalah makhluk sosial yang saling terkait dan tergantung satu sama lain. Setiap insan dari kita merupakan bagian yang berharga dari suatu komunitas. Melirik berbagai peristiwa yang telah terjadi seperti adanya perubahan iklim, populasi, penipisan sumber daya alam, kepunahan keanekaragaman hayati, serta pandemi. Peristiwa-peristiwa tersebut tidak lagi mengenal batas-batas nasional, di mana kita ikut terpengaruh dan perlu bekerja sama untuk menyelesaikannya. Dengan ini kita tidak lagi memiliki batasan nasional atau geografis, tetapi lebih bersifat universal. Oleh karena itu, dalam lingkup ini kita telah memiliki tanggung jawab dan peranan untuk menjadi bagian dari warga negara global.

Walaupun demikian, menjadi warga negara global cenderung sulit untuk diekspresikan. Dengan konsep yang abstrak, kita harus melibatkan pandangan yang luas mengenai dunia dan peranan kita di dalamnya. Tanggung jawab inilah yang justru tidak dapat didefinisikan dengan jelas secara legal maupun hukum. Tidak adanya kriteria yang absolut menjadi warga negara global, sehingga sulit menentukan siapa yang sebenarnya termasuk dalam kelompok dan siapa yang tidak. Konsep warga negara global seharusnya melibatkan tindakan yang luas dan kompleks. Tetapi untuk memberikan pengaruh yang luas, tindakan ini sulit dilakukan oleh satu orang atau kelompok kecil saja, sehingga menjadi sulit diimplementasikan secara konkret.

Pada beberapa isu global yang terjadi, terdapat peristiwa yang cukup menggemparkan yang telah menjadi perhatian bagi banyak pihak di seluruh dunia, salah satunya adalah invasi Rusia ke Ukraina. Tindakan Rusia menjadi salah satu masalah yang berdampak secara global dan berkepanjangan bagi stabilitas politik dan ekonomi di seluruh dunia. Perang ini memicu ketegangan geopolitik yang berdampak pada harga energi dan pangan yang melonjak melampaui level yang belum pernah ada sebelumnya. Tindakan ini mengganggu rantai pasokan, yang akhirnya membuat pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19 menjadi sangat sulit. Nilai tukar uang pun menjadi tidak stabil yang akhirnya mempengaruhi perdagangan internasional, investasi, dan ekspansi bisnis global.

Selain itu, Ukraina merupakan negara penghasil gas alam yang signifikan di Eropa. Banyak negara yang memiliki ketergantungan pada pasokan gas dari Ukraina. Jika konflik terjadi, perdagangan internasional pun ikut terkena dampak karena Rusia melarang adanya perdagangan dengan Ukraina. Hal ini pun berdampak pada pasokan gas alam terhenti yang akhirnya memicu krisis energi global. Dalam jangka panjang, kekhawatiran akan meluasnya konflik akan menawan kebutuhan investasi. Investor asing enggan untuk melakukan investasi di Ukraina dan negara sekitarnya. Hal ini menyebabkan pertumbuhan negara yang terhambat bahkan terjadinya kemiskinan dan ketidaksetaraan ekonomi yang dialami oleh beberapa wilayah yang ikut terkena dampak dari konflik peperangan yang terjadi antara Rusia dan Ukraina.

Partisipasi kita sebagai warga global pada konflik tersebut adalah kita perlu meningkatkan kesadaran dan memahami isu geopolitik yang terkait dengan tindakan Rusia. Dengan memahami isu ini, kita lebih mudah memahami dampak dari tindakan Rusia pada ekonomi dan politik global sehingga memperoleh pemahaman lebih baik dalam mengatasi situasi yang ada. Dengan mendukung upaya diplomasi dan negosiasi yang dilakukan oleh pemerintah dan organisasi internasional untuk mengatasi konflik dan memastikan bahwa dampak yang ditimbulkan minimal. Hal ini dapat kita dukung melalui dukungan politik dan finansial, serta melalui partisipasi dalam kampanye dan aksi-aksi publik yang mengadvokasi penyelesaian damai.

Di sisi lain, kita dapat berpartisipasi dengan mengembangkan sumber energi alternatif dan berusaha mengurangi ketergantungan pada gas alam dari Ukraina. Dengan mengembangkan sumber energi alternatif, kita turut berpartisipasi dalam mengatasi isu pencemaran polusi udara serta mengatasi keterbatasan sumber daya alam. Di mana masalah lingkungan menjadi tantangan ekonomi global yang signifikan pada tahun 2023. Perubahan iklim dan pemanasan global yang kian ekstrim makin terasa di seluruh dunia dan memerlukan tindakan kolektif untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan memperkuat ketahanan ekologis. Partisipasi kita sebagai bagian dari komunitas global penting dengan mempromosikan praktik go green ataupun praktik berkelanjutan dalam produksi dan konsumsi seperti hidup bervegetarian.

Memang menjadi warga negara global cenderung abstrak dan sulit untuk diekspresikan, namun konsep ini penting untuk dipertimbangkan. Dengan kritis dengan isu-isu global, kita dapat menyadari bahwa satu tindakan dari suatu negara memiliki dampak yang signifikan bagi komunitas global. Salah satunya adalah invasi Rusia ke Ukraina yang memiliki potensi untuk mempengaruhi banyak sektor ekonomi di seluruh dunia. Kita semua memiliki kepentingan yang sama untuk menciptakan dunia yang lebih baik. Adanya kesadaran bahwa kita memiliki keterkaitan yang luas dan kompleks dengan masyarakat global. Kita dapat lebih mengerti peran dan tanggung jawab kita dalam menciptakan dunia yang inklusif dan berkelanjutan.

Christina