Menumbuhkan Kesadaran Hukum di Masyarakat

Oleh: Heru Widoyo

Kemajuan suatu bangsa dapat dilihat dari banyak hal, salah satunya adalah tingkat kesadaran hukum dan tingkat kepatuhan masyarakatnya terhadap hukum itu sendiri. Hukum dibuat untuk mengatur norma dan kehidupan manusia, agar tidak saling mengganggu antar yang satu dengan yang lainnya. Selain itu juga untuk mengatur apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan oleh masyarakat. Agar semua orang menjalankan hukum, maka diperlukan kesadaran hukum.

Kesadaran hukum adalah kesadaran seseorang tanpa tekanan, paksaan, atau perintah dari luar untuk patuh pada hukum yang berlaku. Dengan berjalannya kesadaran hukum di masyarakat maka hukum tidak perlu menjatuhkan sanksi. Sanksi hanya dijatuhkan pada warga yang benar-benar terbukti melanggar hukum. Saat ini kesadaran hukum di Indonesia dapat dikatakan belum berjalan dengan baik. Banyak orang yang tidak menghiraukan hukum, dari hal yang kecil sampai hal yang besar, contohnya dalam berkendara, tidak mematuhi aturan lalu lintas, tidak mempunyai SIM, ataupun tidak memakai helm.

Ada beberapa cara untuk menumbuhkan kesadaran hukum. Tindakan adalah salah satu cara utama dalam menumbuhkan kesadaran hukum. Tindakan bisa dalam bentuk hukuman pada pelanggar hukum, dan penghargaan bagi yang menaati hukum. Cara lain adalah melalui pendidikan. Jika seseorang tidak tahu tentang hukum, maka tentu ia tidak bisa menjalankan hukum sebagaimana mestinya. Ia juga tidak akan mengerti bahwa hukum adalah hal yang penting untuk masyarakat. Seseorang juga harus sadar tentang kewajiban hukumnya terhadap orang lain. Ketika seseorang tahu apa yang boleh dan tidak boleh ia lakukan pada orang lain, dan sadar bahwa akan ada akibat dari setiap hal yang ia lakukan, baik ataupun tidak baik, otomatis mereka akan memiliki kesadaran hukum.

Keteladanan juga menjadi faktor penting dalam menumbuhkan kesadaran hukum. Seringkali kesadaran hukum sulit tumbuh karena tidak ada keteladanan dari para pemimpin atau aparat penegak hukumnya sendiri. Contohnya jika ada larangan untuk tidak membuang sampah sembarangan, maka para pemimpin harus memberi teladan agar masyarakat bisa mengikutinya. Jika para pemimpin dan penegak hukum tidak taat pada hukum, maka masyarakat juga tidak akan terdorong untuk taat pada hukum. Kesadaran hukum adalah hal yang penting untuk ditumbuhkan di dalam masyarakat. Menumbuhkan kesadaran hukum tidaklah mudah, karena itu yang terpenting adalah kita harus mulai dari diri kita sendiri. Kita harus sadar bahwa hukum adalah hal penting untuk masyarakat karena hal itulah yang akan melindungi masyarakat dari keadaan yang kacau.

Heru Widoyo