Menerapkan Pola Hidup Yang Sehat

Oleh: Heru Widoyo

Sebelum pandemi covid-19, tidak banyak yang menyadari betapa pentingnya pola hidup sehat. Banyak orang yang tidak peduli dengan kesehatan mereka yang berujung kepada banyaknya penyakit yang diderita orang tersebut. Akan tetapi sejak pandemi covid-19 perlahan-lahan kesadaran masyarakat terhadap pola hidup sehat meningkat. Hal ini dapat dibuktikan lewat survei yang telah dilakukan oleh Herbalife Nutrition bertajuk 2020 Diet Decisions Survey. Survei ini membuktikan bahwa masyarakat Indonesia telah memprioritaskan kesehatan mereka selama pandemi. Survei ini melibatkan 8.000 orang yang tersebar di delapan negara Asia Pasifik, yaitu Australia, Indonesia, Jepang, Malaysia, Filipina, Korea Selatan, Taiwan, dan Vietnam. 58 persen dari responden telah menerapkan pola hidup sehat selama pandemi. Dari 8.000 responden tersebut, terdapat 79 persen responden Indonesia yang menyetujui bahwa pandemi adalah momen yang tepat untuk mengubah pola hidup mereka menjadi lebih sehat. Setelah mengetahui fakta tersebut, kita perlu mengetahui cara yang tepat untuk hidup dengan pola hidup yang sehat.

Dimulai dengan mengetahui pengertian pola hidup sehat itu sendiri. Pola hidup sehat terdiri dari tiga kata, yaitu “pola”, “hidup”, dan “sehat”. Menurut KBBI, kata “pola” berarti sistem; cara kerja, sedangkan kata “hidup” berarti mengalami kehidupan dalam keadaan atau dengan cara tertentu, dan kata “sehat” berarti baik seluruh badan serta bagian-bagiannya (bebas dari sakit); waras. Cindiawaty Pudjiadi, seorang dokter spesialis gizi berpendapat bahwa pola hidup sehat tidak cukup hanya dengan makan, tidur dan olahraga. Akan tetapi, sehat merupakan kondisi yang baik secara keseluruhan, meliputi fisik, mental dan spiritual.

Dalam situs promkes.kemkes.go.id, ada tiga manfaat pola hidup sehat. Pertama, pola hidup sehat membuat hidup lebih bahagia. Penerapan pola hidup sehat, tubuh akan memproduksi hormone endorphin yang dapat meningkatkan rasa percaya diri dan suasana hati sehingga tubuh akan lebih rileks dan bahagia. Kedua, pola hidup sehat dapat menambah energi. Dengan menjalani pola hidup sehat seperti memakan makanan yang sehat akan meningkatkan energi dalam tubuh kita, sehingga energi tersebut bisa digunakan untuk beraktifitas sehari-hari. Manfaat pola hidup sehat yang terakhir adalah mencegah resiko penyakit. Seperti yang sudah disebutkan di awal bahwa banyak orang yang hidup dengan pola hidup tidak sehat sehingga berujung menderita berbagai macam penyakit. Dengan menerapkan pola hidup sehat yaitu melakukan aktifitas fisik dan memakan makanan yang sehat dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang kuat akan menghindarkan seseorang dari penyakit. Terlebih disaat pandemi, daya tahan tubuh sangat penting untuk bisa bertahan dan tidak terjangkit virus.

Lalu bagaimanakah cara kita menerapkan pola hidup sehat? Setidaknya ada enam cara yang dapat diterapkan untuk menerapkan pola hidup sehat.

1. Menghindari stres

Stres adalah perubahan reaksi tubuh ketika menghadapi ancaman, tekanan, atau situasi yang baru. Stres sangat umum dialami oleh setiap orang, baik anak-anak maupun dewasa. Penyebab seseorang stress bisa berbeda-beda. Ada orang yang mengalami stress karena hal kecil maupun hal besar. Contohnya seperti beban pekerjaan, penyakit kronis, kondisi keuangan, dll. Stres dapat menyebabkan penyakit atau masalah kesehatan lainnya. Oleh karena itu, stress harus dihindari. Untuk menghindari stress, seseorang bisa melakukan banyak aktifitas menyenangkan, seperti membaca buku, menonton film, bermain dengan teman maupun hewan peliharaan, dan masih banyak lagi cara yang lainnya.

2. Mengonsumsi makanan sehat

Dengan mengonsumsi makanan sehat dapat memberikan energi dan nutrisi yang cukup bagi tubuh. Energi dan nutrisi ini akan berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan seseorang, terutama yang masih dalam masa pertumbuhan. Contohnya seperti mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Makanan 4 sehat 5 sempurna adalah makanan yang memiliki kandungan gizi lengkap mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, lemak, dan mineral. 4 sehat yang dimaksud adalah makanan pokok (kentang, sagu, gandum, ubi, singkong, dll), lauk pauk (tempe, tahu, daging, ayam, ikan, telur, dll), sayur (wortel, sawi, kembang kol, brokoli, dll), dan buah (buah naga, pisang, apel, anggur, dll). Dilengkapi dengan 5 sempurna yaitu susu yang adalah nutrisi tambahan.

3. Rutin berolahraga

Olahraga membantu tubuh menstimulasi hormon endorphin. Hormon ini bertanggung jawab atas perasaan senang setelah melakukan aktifitas tertentu. Hormon ini juga dapat memberikan energi positif dalam diri seseorang, seperti memberikan rasa senang sehingga seseorang bisa lebih rileks dan tidak stress. Jenis olahraga yang dapat dilakukan adalah berenang, jogging, gym, yoga, dan masih banyak lagi tergantung dengan minat masing-masing orang.

4. Mengurangi konsumsi makanan manis

Konsumsi makanan manis yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti diabetes. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi makanan manis dikurangi dan hanya memakan makanan manis sewajarnya saja. Makanan manis tersebut sebaiknya diganti dengan makanan sehat dan bernutrisi, seperti buah atau sayur.

5. Memperbanyak konsumsi air putih

Dikutip dari alodokter.com air putih memiliki sangat banyak manfaat bagi tubuh. Diantaranya adalah dapat mencegah dehidrasi, dapat menjaga kesehatan sendi dan otot, dapat menurunkan berat badan, memelihara kesehatan kulit, menjaga konsentrasi, menjaga kesehatan pencernaan, mencegah batu ginjal, menjaga tekanan darah, mencegah penyakit kardiovaskular, dan meningkatkan stamina. Oleh sebab itu, konsumsi air putih yang cukup sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan seseorang. Hal ini dapat dimulai dari membiasakan untuk menyediakan gelas atau botol berisi air minum di meja atau tas setiap saat sehingga dapat dengan mudah menjangkau air putih tersebut.

6. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Hal ini diperlukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar dalam beraktifitas sehari-hari. Tidur juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga nafsu makan, memelihara kesehatan jantung, meningkatkan suasana hati, hingga menjaga daya ingat. Oleh karena itu, seorang dewasa harus tidur sekitar 7-9 jam per malam.

Dengan melakukan aktivitas-aktifitas dan kebiasaan-kebiasaan inilah, seseorang dapat hidup lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Heru Widoyo