Sumpah Pemuda adalah Pedoman Kita

Oleh: Filbert Fernandes Lienardy | 2502041451 | PPTI 13 |

Hari ini adalah tanggal 28 Oktober 2022, hari lahirnya Sumpah Pemuda 94 tahun yang lalu. Sebagai generasi muda Indonesia, Sumpah Pemuda bukanlah kalimat biasa, karena mengandung cita-cita besar pemuda untuk mempersatukan Indonesia tanpa membedakan suku, agama, ras dan antar golongan agar dapat menginspirasi semangat pembangunan di Indonesia. Sumpah Pemuda adalah peristiwa penting dalam sejarah negara Indonesia. Sumpah Pemuda menunjukkan bahwa latar belakang rakyat Indonesia yang beragam bukanlah menjadi halangan untuk bersatu, melainkan keberagaman ini adalah kekuatan Indonesia untuk menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Makna Sumpah Pemuda bagi saya adalah Sumpah Pemuda merupakan sebuah pedoman yang harus dipegang teguh oleh pemuda pemudi Indonesia. Pada zaman dahulu, Sumpah Pemuda adalah pedoman bagi para pemuda untuk semangat berjuang memerdekakan Indonesia dari para penjajah. Di masa sekarang, Sumpah Pemuda tetaplah menjadi pedoman bagi para generasi muda Indonesia. Sumpah Pemuda adalah pedoman generasi muda untuk membangun Indonesia agar menjadi lebih baik lagi. Makna Sumpah Pemuda juga artinya kita harus mendukung dan menjaga sikap toleransi untuk menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan Indonesia. Kita harus memiliki semangat persatuan dalam diri kita. Selain itu, kita juga harus memiliki sikap bangga terhadap Bahasa Indonesia, karena Bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu bangsa yang harus kita banggakan.

Sumpah Pemuda adalah titik semangat saya dalam membangun bangsa dengan berbagai cara dan keahlian yang saya miliki. Sebagai mahasiswa Indonesia, saya akan terus berpartisipasi dalam memperjuangkan semangat Sumpah Pemuda. Perjuangan ini saya lakukan dengan semangat belajar berbagai ilmu baru dan menempuh pendidikan tinggi, sehingga kelak saya dapat menggunakan ilmu yang saya miliki untuk memajukan Indonesia. Saya akan terus berkarya mengembangkan potensi diri saya agar bisa mendukung kemajuan Indonesia.

Dengan demikian, Sumpah Pemuda memiliki makna yang kuat bagi saya sebagai generasi muda Indonesia. Sumpah pemuda adalah pemberi semangat serta pedoman yang saya pegang teguh dalam memperjuangkan kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Filbert Fernandes Lienardy