Menumbuhkan Sikap Sumpah Pemuda untuk Menghargai Nilai-Nilainya

Oleh: Chyntia | 2502041426 | PPTI 13 |

“Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun.” – Bung Karno

Banyak hal yang sudah dikorbankan para pemuda jauh sebelum muncul kata “Merdeka” untuk negara Indonesia. Mereka berjuang untuk menyatukan pemikiran agar dapat berjuang dengan tujuan yang sama. Berbagai proses telah dilewati untuk mendapatkan pemikiran dengan tujuan menjadi satu yaitu “Indonesia”. Beberapa kali dilakukan perkumpulan para pemuda dimana yang paling besar untuk para pemuda adalah Kongres Pemuda I dan Kongres Pemuda II. Yang akhirnya tanggal pelaksanaan Kongres Pemuda II diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Adapun hasil Kongres Pemuda II itu adalah Sumpah Pemuda, yang berisi:

  1. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.
  2. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
  3. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Dari isi Sumpah Pemuda, kita sebagai para pemuda pada masa ini, sudah seharusnya dapat menghargai dan meneruskan perjuangan-perjuangan para pemuda yang sudah berjuang untuk menyatukan pemikiran seluruh pemuda yang ada pada masa itu agar dapat bersama-sama mencapai tujuan yang terbaik bagi bangsa Indonesia. Ada kalanya kita sebagai pemuda melupakan semua upaya yang sudah dilakukan dan tidak menghargai upaya-upaya tersebut. Namun, ketika kita sadar bahwa perjuangan tersebut sangat penting untuk dipertahankan dan dihargai namun diri kita masih kurang dalam tindakan, ada baiknya untuk memperbaiki diri dan menjadi pemuda yang dapat meneruskan usaha yang dapat menjaga persatuan yang ada dalam negara Indonesia ini.

Banyak harapan yang diletakkan kepada para pemuda saat ini. Tentunya adalah dapat mencerminkan isi dari Sumpah Pemuda yang telah ada lebih dari usia kemerdekaan Indonesia. Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mencerminkan isi dari Sumpah Pemuda tersebut, contohnya sendiri adalah menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari, menghormati perbedaan yang ada dalam lingkungan pertemanan ataupun lingkungan masyarakat, mau ikut berkontribusi untuk kemajuan bangsa dan negara dengan kreativitas yang dimiliki, serta banyak hal positif lainnya yang dapat dilakukan untuk memaknai isi dari Sumpah Pemuda.

Dan tentunya saya, sebagai kaum muda Indonesia akan dengan senang hati menghargai setiap jasa para pemuda yang telah membuat negara Indonesia bersatu dan tentunya akan sangat senang untuk menerapkan sikap-sikap baik yang dapat saya lakukan untuk negara ini. Serta, saya juga bersedia mengajak teman-teman serta orang-orang sekitar untuk ikut mengembangkan contoh-contoh sikap yang sudah disebutkan sebelumnya ataupun sikap-sikap yang relevan.

Chyntia