Pilihan Sebagai Pemuda dalam Meneruskan Perjuangan Sumpah Pemuda

Oleh: Adriel Justin Amadeo | 2502041350 | PPTI 13 |

Saya selalu percaya hidup manusia di dunia itu selalu dihadapkan oleh sebuah pilihan, contohnya, saat bangun tidur, kita diberi pilihan untuk bangun dan mandi atau tidur lagi, saat pulang kuliah, kita diberi pilihan untuk nongkrong bareng teman atau mengerjakan tugas, ketika ada waktu senggang, kita diberi pilihan untuk tidur atau mengerjakan tugas, dan masih banyak hal lainnya. Segala macam kegiatan yang akan kita lakukan adalah sebuah kemungkinan pilihan yang bisa kita pilih. Kita sebagai manusia punya kehendak untuk bebas dalam memilih, tetapi di setiap pilihan yang kita pilih terdapat pilihan yang bermanfaat maupun yang kurang bermanfaat, atau mungkin pilihan yang hanya membuang-buang waktu saja.

Kita dapat merefleksikan hal ini dalam peristiwa sumpah pemuda. Pada tanggal 28 Oktober 1928 adalah hari di mana para pemuda di jaman tersebut bersatu dalam menumbuhkan kedaulatan, persatuan, dan kesatuan suatu bangsa. Hal ini tertumpah dalam suatu sumpah yang dikenal sebagai Sumpah Pemuda. Mereka dengan semangatnya berani untuk menyuarakan dan menjadi pelopor dalam pergerakan kemerdekaan bangsa Indonesia. Pilihan pemuda untuk bersatu dan berjuang adalah salah satu contoh dari memilih pilihan yang tepat dan bermanfaat. Bayangkan jika pemuda-pemuda di jaman dahulu adalah pemuda-pemuda yang mempunyai sifat mager (males gerak), mereka bakal lebih memilih untuk tidur daripada harus berkumpul dan bersatu dengan pemuda lain. Sumpah pemuda pun tidak akan mungkin terjadi karena tidak adanya inisiasi dari pemuda-pemuda untuk berjuang dan memilih bersatu, dan dari hal kecil tersebut, kemerdekaan Indonesia pun tidak akan mungkin terjadi. Kita sekarang mungkin masih dijajah secara fisik maupun mental oleh bangsa lain.

Dari peristiwa sumpah pemuda kita dapat belajar bahwa pilihan kecil dari hidup kita, dapat memberikan makna, mulai dari lingkup kecil sampai ke lingkup yang paling besar seperti negara dan dunia. Kita pun sebagai pemuda punya tanggung jawab untuk melanjutkan perjuangan sumpah pemuda tersebut. Semua masa depan bangsa Indonesia ada di dalam tangan kita, jadi sebaiknya segala pilihan yang ada di depan mata kita, pilihlah dengan cermat dan bijaksana, siapa tau kita bisa menjadi pembawa perubahan baik bagi negara.

Adriel Justin Amadeo