Para Pemuda Bersatu Demi Indonesia

Oleh : Michiko Amaya Yonatan | 2502040801 | PPTI 13 |

“Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia” merupakan kalimat kedua dari teks Sumpah Pemuda yang diikrarkan pada 28 Oktober 1928 oleh pemuda dan pemudi bangsa Indonesia. Kalimat tersebut mungkin terdengar sederhana, tapi kalimat tersebut menyiratkan semangat pemuda Indonesia yang besar demi bangsa Indonesia. Kalimat ini membuktikan tekad para pemuda untuk bersatu demi memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Karena janji ini juga, semangat rakyat Indonesia untuk merdeka semakin tinggi dan membuat mereka yakin kalau mereka pasti bisa merdeka!

Pada kalimat kedua ini, para pemuda Indonesia ingin menunjukkan bahwa meskipun Indonesia terdiri dari banyak suku, ras, dan agama, kita semua tetap bisa bersatu demi bangsa Indonesia yang satu. Pemuda Indonesia ingin menegaskan adanya rasa persatuan dan toleransi yang kokoh. Tanpa perjuangan pemuda Indonesia yang mengorbankan tenaga, waktu, pikiran, dan hal lainnya untuk menyatukan bangsa Indonesia, Indonesia mungkin tidak bisa merdeka dari penjajahan bangsa lain. Karena rasa persatuan ini juga, Indonesia bisa menjadi seperti sekarang. Salah satu masalah utama Indonesia susah merdeka pada zaman itu adalah karena mereka tidak mau bersatu. Mereka berjuang bersama daerahnya masing-masing. Padahal, persatuan dan kesatuanlah yang dapat membantu mereka untuk merdeka melawan penjajah.

Sayangnya, banyak pemuda zaman sekarang yang tidak mengerti makna dari kalimat ini dengan sungguh-sungguh. Pemuda zaman sekarang hanya ikut merayakan hari Sumpah Pemuda tanpa tahu makna sesungguhnya dibalik peristiwa bersejarah ini. Pemuda Indonesia saat ini sering meninggikan suku, ras, atau agamanya masing-masing dan menganggap rendah orang lain. Padahal sesungguhnya, Indonesia adalah satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa. Indonesia mungkin beragam, tapi tetaplah satu. Dengan mengenang hari Sumpah Pemuda tahun ini, para pemuda Indonesia zaman ini dapat menjadikan pemuda generasi lampau sebagai panutan mereka untuk membawa bangsa kita ke arah yang lebih baik. Oleh karena itu, sudah seharusnya kita mengambil semangat dari isi Sumpah Pemuda dan menggunakannya untuk mengambil langkah dan melakukan sesuatu untuk membanggakan nama Indonesia!

Michiko Amaya Yonatan