Refleksi Mengenai Sumpah Pemuda

Oleh: Hansen | PPTI 12 / 2502042712

Lahirnya Sumpah Pemuda menjadi titik awal perjuangan para pemuda. Pada saat itu, pemuda dan pemudi rela mengorbankan waktu, tenaga, pikiran moral bahkan harta benda demi menyatukan bangsa Indonesia. Tanpa Sumpah Pemuda dan perjuangan mereka, Indonesia bisa saja tidak mencapai kesatuan dan gagal dalam melawan penjajah. Sumpah Pemuda memberikan para pejuang semangat dan energi positif supaya generasi kini dan seterusnya dalam mengambil langkah apapun demi kemajuan dan kebersatuan bangsa Indonesia. Perkembangan globalisasi saat ini cukup berpengaruh pada cara berpikir generasi muda. Teknologi yang berkembang seiring perkembangan globalisasi seharusnya digunakan secara bijak agar generasi muda dapat lebih peduli dan paham akan kondisi negaranya.

Menurut pandangan saya, Sumpah Pemuda sudah mulai dilupakan dengan adanya globalisasi yang masuk ke Indonesia. Para pemuda Indonesia pada masa kini lebih nyaman menggunakan bahasa asing dibandingkan dengan menggunakan bahasa Indonesia, dan penggunaan bahasa Indonesia yang digunakan oleh para pemuda sekarang pun telah dipenuhi dengan bahasa gaul. Selain dari itu, konten dari Sumpah Pemuda tidak terlalu diingat karena para pemuda pada masa kini hanya menjalankan kehidupannya sehari-hari sesuai dengan kebiasaan di lingkungan sekitarnya. Kebiasaan ini dapat menunjukkan seberapa besar dampak Sumpah Pemuda berpengaruh di lingkungan tersebut.

Sumpah Pemuda merupakan salah satu faktor yang memajukan Indonesia menuju kemerdekaan dan kemerdekaan tersebut memberikan para rakyat Indonesia kehidupan yang damai dan bebas. Namun, kebiasaan dan pandangan orang-orang juga berbeda-beda, ada lingkungan yang kurang damai dikarenakan pertikaian antar agama, ada lingkungan yang kurang damai terhadap ras tertentu dan lain-lain. Lingkungan-lingkungan seperti ini lah yang lingkungan dimana dampak dari Sumpah Pemuda kurang dipatenkan dalam kehidupan sehari-hari. Dampak dari Sumpah Pemuda tersebut seharusnya membiasakan para rakyat dalam hidup satu tanpa memandang suku, ras, maupun agama dalam kehidupan sehari-harinya. Besarnya dampak Sumpah Pemuda dapat membiasakan rakyat Indonesia untuk hidup dalam kemerdekaan yang sebenarnya. Kemerdekaan yang membuat para rakyatnya bebas dari perbedaan ras, suku, dan agama.

Hansen