CBDC Binus University dan Yayasan Mitra Terang Timor Nusantara Kolaborasi Beri Edukasi Karakter di SMPK Santo Yoseph Noemuti

Dr. Frederikus Fios menyampaikan materi tentang pentingnya karakter sebagai pendidik untuk para guru SMPK Santo Yoseph Noemuti dihadiri Romo Yunus Bouk, Kamilus Elu SH., Veronika Lake, M.Kes dan para guru yang menyimak materi secara online di Aula SMPK Santo Yoseph Noemuti.

Pusat Character Building Development Binus University Jakarta dan Yayasan Mitra Terang Timor Nusantara (YMTTN) berkolaborasi melakukan kegiatan edukasi karakter secara hybrid di Noemuti, Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT pada Senin 19 September 2022. Kegiatan Edukasi Character ini dilakukan sebagai bagian dari upaya untuk memberdayakan masyarakat khususnya di daerah 3 T namun strategis untuk memperkuat nilai-nilai keutamaan di bidang pendidikan, sosial serta nilai kebangsaan yang berbasis local culture. Hadir sebagai peserta dalam kegiatan ini Kamilus Elu, SH (Wakil Ketua YMTTN), Veronika Lake, S.Kes., M.Kes (Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Anak), Romo Yunus Bouk, Kepala Sekolah Fransiskus Mateus Rusae, S.Pd dan para guru SMPK Santo Yoseph Noemuti.

Dalam materinya yang dibawakan secara online, Doktor Fios menyampaikan pokok-pokok pemikiran tentang karakter sebagai hal terpenting yang perlu kita miliki sebagai manusia. Karakter adalah usaha untuk membentuk manusia agar bertumbuh dan berkembang sesuai dengan nilai-nilai moral yang baik.”Orang berkarakter adalah pribadi-pribadi yang memiliki tanggung jawab dan integritas serta membangun relasi yang seimbang dengan diri sendiri, sesama manusia, alam lingkungan dan Tuhan”, kata Doktor Fios.

Sementara dari Yayasan Mitra Terang Timor Nusantara yang hadir di langsung di Noemuti diwakili oleh Kamilus Elu, S.H., dan Veronika Lake, S.Kes., M.Kes yang dalam kesempatan ini juga berbagi tentang nilai-nilai keutamaan karakter khususnya makna berbagi dan peduli terhadap sesama.

Kamilus Elu dan Veronika Lake berfoto bersama para staf pengajar SMPK Santo Yoseph Noemuti di Aula Santo Yoseph Noemuti. Tampak beberapa guru langsung mengenakan seragam batik yang telah diberikan oleh YMTTN kepada mereka.

Kamilus dan Veronika dalam kesempatan ini berdialog dengan para guru tentang praktik-praktik baik yang perlu dilakukan dengan contoh dan teladan yang baik. Hidup bersama itu kita perlu tolong menolong sehingga hidup dapat bermakna bagi sesama, khususnya yang membutuhkan.

“Kita memberikan kenang-kenangan berupa baju batik dari donatur baik di Jakarta yang peduli pada perkembangan dan kemajuan masyarakat TTU ke arah lebih baik”, kata Kamilus Elu diamini Veronika Lake.

Romo Yunus Bouk dalam kesempatan ini juga berterima kasih kepada Yayasan Mitra Terang Timor Nusantara (YMTTN) dan Character Building Binus yang telah melaksanakan kegiatan edukasi dan kepedulian sosial melalui ilmu dan kenang-kenangan yang telah diberikan.

Di akhir kegiatan ini, Kamilus Elu dan Veronika Lake juga membagikan tanda mata kepada para guru berupa baju batik sebagai kenang-kenangan kegiatan ini untuk para guru. Para guru merasa senang dan bahagia dengan kegiatan seperti ini dan berharap ke depan dapat dilanjutkan lagi sehingga berkesinambungan.

Frederikus Fios