Pentingnya Sebuah Pujian

Oleh: Dr. Agus Masrukhin

Penghargaan merupakan bentuk apresiasi kita terhadap sesuatu yang telah orang lain. Memberikan penghargaan merupakan bentuk apresiasi kita atas apa yang dilakukan orang lain Di sisi lain, setiap orang haus akan penghargaan dan pengakuan. Mereka akan melakukan berbagai cara untuk dapat memperolehnya.

Salah satu bentuk penghargaan dan pengakuan tersebut adalah pujian. Bila kita lihat contoh hewan sirkus, para pelatih sirkus menggunakan metode pujian untuk melatih hewan agar sesuai dengan keinginan si pelatih. Sekecil apapun yang dilakukan hewannya, sang palatih akan memberikan penghargaan. Contohnya pelatih singa laut yang memebri ikan, apabila singa laut tersebut dapat melakukan sesuatu sepertinyang didingkan sang pelatih. Peningkatan sekecil apapun, si singa laut akan diberikan tepukan dan pujian oleh si pelatih. Sama halnya dengan manusia. Mengapa kita tidak menggunakan akal sehat untuk memberikan pujian kepada seseorang yang telah berhasil melakukan suatu pencapaian khusus? Mulai dari hal sekecil apapun!

Pujian dapat memberi dapat positif pada seseorang. Apabila dipuji, maka kita akan merasa bangga dan berbesar hati. Melalui pujian pula kita dapat termotivasi untuk lebih percaya diri, berusaha lebih baik lagi untuk mencapai hasil yang maksimal. Pujian juga bisa membuat orang merasa aman. Terkadang ada hal-hal yang dianggap sebagai pujian, tetapi sebenarnya tidak pantas untuk diucapkan dan membuat orang lain merasa tidak aman. Padahal pujian yang tulus membuat orang merasa lebih dikenal dengan baik, sehingga mereka merasa aman. Rasa aman tersebut membuat orang lain merasa nyaman dan percaya saat berinteraksi dengan kita.

Pujian juga merupakan motivator hebat untuk mendorong orang lain terus maju. Terkadang meningkatkan ketekunan belajar tentang sesuatu yang baru sulit dilakukan karena adanya tantangan dan kegagalan. Hal-hal tersebut dapat dengan mudah menjatuhkan siapapun dan mendorong mereka untuk cepat menyerah. Namun dengan pujian dan apresisi, akan bisa memotivasinya untuk tetap berusaha dan terus mencobanya.

Merasa senang setelah memberikan pujian sama dengan merasa senang setelah menyumbang untuk amal. Sebab, kita menciptakan interaksi positif dengan orang yang kita beri pujian dan membuat suasana hati mereka lebih baik. Bukan rahasia lagi bahwa melakukan hal-hal baik untuk orang lain membantu kita juga merasa baik tentang diri sendiri. Kawan Puan, itulah lima manfaat memuji kepada orang lain yang perlu kamu ketahui.Jadi, sudahkah kamu memuji orang lain hari ini?

Referensi

https://www.kompas.com/parapuan/read/533072887/ketahui-5-manfaat-memuji-orang-lain-ini-salah-satunya-tingkatkan-suasana-hati.
https://www.quipper.com/id/blog/tips-trick/your-life/kamu-anak-sekolah-harus-paham-4-etika-penting-dalam-pergaulan-ini/
https://bimba-aiueo.com/keajaiban-pujian/

Dr. Agus Masrukhin