Membangun Sikap Toleransi

Oleh: Dr. Agus Masrukhin


Indonesia merupakan negara yang terdiri dari banyak bahasa, suku, agama, kebudayaan dan juga adat. Perbedaaan-perbedaan yang ada bisa menimbulkan konflik, karena tidak adanya sikap saling menghargai atau menghormati. Untuk itulah diperlukan sikap toleransi, demi terciptanya harmonisasi dalam keberagamanan. Ada banyak cara untuk membangun sikap toleransi.

Cara peryama adalah menghargai perbedaan. Kita harus sadar bahwa perbedaan adalah merupakan given yang harus diterima. Manusia pada dasarnya adalah unik, karena tidak ada manusia yang sama persis, dan pasti memiliki perbedaan. Melalui perbedaan ituah kita justru bisa saling melengkapi satu sama lain. Untuk bisa menerima dan terbiasa hidup di tengah perbedaan, kita bsia melakukannya dengan memperbanyak teman. Langkah ini bisa membantu kita untuk lebih mengerti seperti apa cara berpikir, prinsip dan cara pandang orang lain. Memperbanyak teman akan menambah rasa toleransi kitam karena cara pandang kita semakin luas, dan akan makin bisa menerima perbedaan-perbedaan yang ada.

Terkadang ada banyak orang yang memaksakan kehendak mereka untuk orang lain. Padahal batasan dan limit setiap manusia jelas berbeda-beda. Kita tidak bisa memaksakan apa yang ada pada kita, bagi orang lain, begitupun sebaliknya. Untuk itulah diperlukan sikap toleransi, agar kita bisa memahami dimana batas orang lain dan tidak memaksakannya. Jika kita bisa memahami bahwa Tuhan menciptakan manusia memang berbeda, pasti kita akan mudah mebangun sikap toleransi. Manusia hidup dengan cara yang berbeda jelas itu diluar kuasa kita, dan kita tidak bisa membentuk dan memaksakan mereka sama. Maka toleransi menjadi solusi satu-satunya.

Tak kalah pentingnya dalam menumbuhkan sikap toleransi adalah tidak berpikiran sempit. Apabila kita memiliki pikiran sempit, maka tidak akan bisa menerima apapun, yang berbeda dengan yang ada dalam diri kita. Memahami perbedaan bukan berarati kita harus paham dan mengikuti apa yang orang lain lakukan, tetapi harus menghormati dan tidak menganggu perbedaan yang ada. Kita hanya perlu menghargai prinsip masing-masing, sehingga akan tetap nyaman dan juga merasa senang dengan toleransi tersebut.

Pendidikan karerter banyak mengajarkan termasuk toleransi. Seringkali untuk memahami apa yang orang lain rasakan kita harus merasakannya terlebih dahulu untuk bisa mengerti, apabila tiak , kita akan menganggap bahwa hal tersebut sepele adanya. Hal ini bisa berkaitan dengan masalah toleransi. Ketika kita menemukan pandangan yang berbeda, tak masalah untuk mempelajarinya. Mencari tahu mengapa mereka berpikiran seperti itu. Hal ini akan membuat ita memahaminya dan memiliki rasa maklum dan dengan sendirinya akan menghargainya. Dengan belajar khususnya belajar mengenai orang lain toleransi akan mudah diterapkan.

Referensi :
https://kumparan.com/berita-hari-ini/cara-menumbuhkan-sikap-toleransi-agar-tercipta-kerukunan-antar-sesama-1vRo1TKXURG

Dr. Agus Masrukhin