Keragaman Kebudayaan di Indonesia

Oleh: Heru Widoyo

Negara Indonesia merupakan negara yang terdiri dari 13.667 pulau dan kaya dalam sumber daya alam maupun dalam keragaman budayanya. Budaya-budaya yang dihasilkan disini merupakan hasil dari interaksi antar individu dalam suatu daerah dan bermanfaat bagi Indonesia. Berdasarkan sensus BPS pada tahun 2010, terdapat lebih dari 300 kelompok etnik atau 1.340 kelompok suku bangsa di Indonesia. 

Dengan banyaknya keanekaragaman yang terdapat di Indonesia ini dapat dicetuskan semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tapi tetap satu. Semboyan ini yang berasal dari bahasa Jawa Kuno menumbuhkan bahwa sejatinya keragaman yang ada di negeri kita ini merupakan kekayaan dan keindahan bangsa Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara lain. 

Dan terdapat banyak sekali wujud keragaman budaya yang dapat dilihat di Indonesia yang menjadi ciri khas daerah masing-masing. Mulai dari ada istiadat, pakaian, tarian, alat musik, makanan, dan lain-lain.

Setiap daerah memiliki adat dan istiadat masing-masing yang merupakan warisan dari nenek moyang mereka. Seperti di Sumatera Utara memiliki adat atau Tradisi Mangokkal Holi, yang merupakan ritual mengambil tulang belulang leluhur masyarakat yang telah dimakamkan, lalu dipindahkan ke dalam peti dan disimpan di salah satu bangunan tugu yang sudah disediakan secara khusus. 

Upacara adat juga memiliki nilai-nilai bagi masyarakat sekitar. Selain sebagai cara manusia untuk berhubungan dengan par leluhur dan Sang Pencipta, upacara adat juga menjadi perwujudan manusia untuk menyesuaikan diri terhadap alam dan lingkungannya dalam arti luas. 

Pakaian, tarian, maupun alat musik dan lagu tradisional memiliki fungsi untuk mengekspresikan identitas kebudayaan masing-masing negeri. Pakaian adat yang digunakan untuk acara sehari-hari maupun untuk upacara-upacara adat. Tarian yang digunakan untuk menyambut tamu agung, menyambut panen, upacara kematian, upacara keagamaan, dan sebagainya. Lalu terdapat iringan lagu tradisional menggunakan alat musik tradisional. Lagu tradisional umumnya menceritakan nilai kehidupan masyarakatnya dan memiliki makna terdalam. Makanan khas juga merupakan salah satu bukti kewujudan dari berbagai kebudayaan di Indonesia. 

Dengan adanya berbagai macam kebudayaan yang ada di Indonesia, rakyat Indonesia menjadi sebuah negara yang memiliki nilai toleransi yang tinggi. Maka diperlukannya rasa hormat terhadap satu sama lain dalam mengapresiasi kebudayaan yang berbeda-beda. Dengan menghargai perbedaan tersebut, kita akan bisa hidup harmonis sebagai bangsa Indonesia. 

Heru Widoyo