Kebudayaan Indonesia

Oleh: Heru Widoyo

Budaya adalah suatu warisan dari leluhur atau nenek moyang kita yang tidak ternilai harganya. Budaya Indonesia sangat banyak dan Beraneka ragam, budaya itulah yang seharusnya kita jaga dan kita lestarikan agar tidak punah ataupun diklaim oleh negara lain.

Indonesia negara yang sangat kaya dan unik, Negara Indonesia juga beraneka ragam suku bangsanya. Tapi sangat disayangkan setelah banyak pengakuan dari negara lain bahwa dari tari pendet, masakan padang, reog ponorogo diklaim oleh negara tetangga baru Indonesia merasa itu adalah budaya yang harus dilestarikan. Negara tetangga menjadikan budaya kita sebagai asset pariwisata yang sangat menguntungkan.

Sebagai generasi muda kita harus bisa memberikan pencerahan bahwa budaya itu perlu dilestarikan salah satunya adalah tidak malu belajar  menari dari daerah-daerah yang ada di indonesia dan seandainya kita bisa kita harus mengajarkannya kepada anak – anak yang masih kecil juga. Karena mereka sebagai generasi penerus adalah salah satu generasi bangsa yang akan memimpin negeri kita tercinta ini di masa yang akan datang.

Satu hal yang bisa kita lakukan jangan malu memakai produk dalam negeri, bukan berarti produk dalam negeri itu kualitasnya tidak bagus. Justru produk Indonesia banyak disukai oleh negara tetangga. Buktinya batik, banyak sekali turis mancanegara yang membawa cendera mata batik apabila datang ke Indonesia.

Bangsa Indonesia terdiri dari beragam suku bangsa dan unsur kebudayaan yang sebagaimana tersirat dalam Bhineka Tunggal Ika yang artinya “ walaupun berbeda – beda tetap satu jua‘’. Kebudayaan lama yang sering disebut sebagai kebudayaan asli bangsa Indonesia dimana kebudayaan ini belum terjamah oleh kebudayaan asing harus tetap kita pertahankan karena ini merupakan suatu kebanggaan atau kekayaan bangsa kita, oleh karena itu agar kebudayaan – kebudayaan asli bangsa Indonesia ini tetap ada mari kita jaga bersama. 

Cara memelihara kebudayaan asli bangsa Indonesia adalah sebagai berikut :

  • Melalui media massa

Media massa mempunyai tugas dan kewajiban selain menjadi sarana dan prasarana komunikasi untuk mengakomodasi segala jenis peristiwa – peristiwa di dunia ini melalui pemberitaan atau publikasinya. Media massa mempunyai peranan yang sangat penting untuk mempromosikan dan memberitakan budaya yang sudah ada.

  • Pementasan – pementasan

Walau tidak mudah upaya – upaya pelestarian budaya kita harus tetap dilakukan dengan berbagai cara diantaranya adalah pementasan – pementasan seni budaya tradisional di berbagai pusat kebudayaan atau tempat umum yang dilakukan secara berkesinambungan. Upaya pelestarian itu akan berjalan sukses apabila didukung oleh berbagai pihak termasuk pemerintah dan adanya sosialisasi luas dari media massa termasuk televisi. Maka cepat atau lambat, budaya tradisional Kembali akan bergairah.

  • Melibatkan peran pemerintah

Mengembalikan peran aparat pemerintah sebagai pelindung dan bukan sebaliknya justru menghancurkannya demi kekuasaan dan pembangunan dalam bidang ekonomi saja. Tugas utama yang harus dibenahi adalah bagaimana mempertahankan, melestarikan, menjaga, serta mewarisi budaya local dengan sebaik – baiknya agar dapat  memperkokoh budaya asli negara kita tidak diklaim oleh negara lain. 

  • Menyelenggarakan mata pelajaran muatan local

Sekolah menyelenggarakan mata pelajaran muatan dan ekstrakulikuler wajib berbasis pelestarian seni budaya setempat, dapat menimbulkan rasa cinta dan bangga memiliki kebudayaan tersebut, dengan demikian para generasi muda dapat mengetahui kebudayaan – kebudayaan yang ada di Indonesia.

Heru Widoyo