Memahami Karakteristik Agama

Oleh: Christian Siregar

Secara umum agama-agama memiliki karakteristiknya masing-masing. Paling sedikit ada lima karakteristik agama:

1) Kepercayaan atau iman

Iman kepada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat (Kristen dan Katolik). Iman kepada Allah SWT (Islam). Iman kepada Sang Hyang Widhi Wasa (Hindu). Mempercayai Tian (baca Tien) sebagai Yang Maha Besar atau Yang Maha Kuasa (Konghucu). Umat Buddha menyebut Tuhan dengan Atthi Ajatang Abhutang Akatang Asamkhatang (bahasa Pali) yang artinya “Suatu Yang Tidak Dilahirkan, Tidak Dijelmakan, Tidak Diciptakan dan Yang Mutlak”.

2) Praktik agama.

Dilakukan sebagai ungkapan iman para pemeluk agama kepada Tuhan. Contohnya seperti berdoa, sembahyang/sholat/yoga, berpuasa, berpantang makan daging hewan tertentu. Praktik agama ada yang bersifat wajib dan tidak wajib, disertai dengan konsekuensi aturan dan ketentuan yang menyertainya.

3) Umat.

Merupakan kumpulan orang-orang yang memiliki iman, keyakinan, dan kepervayaan yang sama pada Tuhan atau sebutan lain yang searti dengannya. Penganut masing-masing agama menjalankan ibadah atau upacara keagamaan untuk menunjukkan eksistensi mereka sebagai umat dari golongan agama tertentu.

4) Pengalaman keagamaan. Sering menjadi tolak ukur untuk menentukan kadar kedalaman hubungan orang beragama dengan Tuhan. Semakin dalam hubungan dengan Tuhan, semakin mudah kita mengalami pengalaman keagamaan, begitu pula sebaliknya. Contohnya saat seseorang merasa diberkati, lalu ia terdorong untuk menunaikan ibadah Haji di Mekkah (Islam), menghayati panggilan khusus menjadi pendeta (Kristen Protestan), pastor atau biarawan/biarawati (Katolik), biksu (Buddha).

5) Simbol.

Biasanya berkaitan dengan filosofi penganut agama yang berhubungan dengan Tuhan dalam agama masing-masing. Simbol menjadi sarana pendukung praktik ibadah atau ritual penganut agama yang bersangkutan. Contohnya tasbih (Islam), salib dan lonceng untuk panggilan beribadah (Kristen Protestan), rosario (Katolik), arca Buddha, stupa, cakra/roda dhamma, teratai/padma /lotus, jejak kaki buddha, bendera buddhist, swastika (Buddha), patung dewa/dewi (Hindu), genta rohani (Mu Duo) dengan tulisan Zhong Shu (忠恕) di tengahnya (Konghucu).

Referensi

Antonius A. Gea, dkk. Diktat CB Agama, unpublished

Christian Siregar (Dosen Karakter Building, Universitas Bina Nusantara, Jakarta)