Keyakinan terhadap Allah Yang Maha Hadir dan Implikasinya Terhadap Etos Kerja

Jamson Siallagan (D5050)

Allah sebagai pencipta alam semesta diyakini dengan iman sebagai Allah yang Maha Hadir. Ia hadir sepanjang rentang waktu dan di semua tempat. KehadiranNya yang tidak terbatas ruang dan waktu mematiskan bahwa Ia terus mengendalikan dunia ini dan mengawasi setiap gerak ciptaanNya.

KemahahadiranNya tentunya memberikan rasa aman dan sentosa bagi umatNya, karena Allah akan selalu menyertai umatNya dalam berbagai situasi yang akan menolong umatNya ketika menghadapi kesulitan dan penderitaan.

Selain memberikan rasa nyaman bagi umatNya tentu kehadiran Allah juga akan berimplikasi terhadap etos kerja kita. Ibaratnya kehadiran pimpinan di ruang kerja  tentu akan membuat seorang kariawan akan bekerja dengan baik dan menunjukkan bahwa ia bertanggung jawab dengan waktu dan  dan tugas yang diberikan. Ia takut melakukan kesalahan karena ia tau ia sedang diawasi oleh pimpinannya. Melebihi kehadiran seorang pimpinan perusahaan, Allah yang Maha Hadir itu mengawasi ketika kita bekerja, tanpa ada sedikitpun yang tidak diketahuiNya.  Ia melihat apakah kita bekerja dengan bertanggung jawab atau tidak, apakah kita sedang melakukan penyimpangan dengan wewenang yang kita miliki (korupsi), bahkan ia melihat motivasi hati dalam bekerja.

Menyadari kehadiran Allah tidak saja memberikan rasa takut untuk melakukan kekeliruan dalam bekerja, namun lebih dari itu membuat hati kita bersukacita, karena ketika kita bekerja sejatinya sedang melayani atau mengabdi kepada Tuhan yang memberikan kita anugerah yang melimpah. Tuhan bukanlah seperti seorang boss yang selalu sia-siap menegor atau marah manakala kita kita bekerja tidak sesuai dengan yang diinginkannya. Allah hadir di dunia kerja kita memberikan kita semangat, sukacita, dan pertolongan. Bayangkanlah Allah hadir dan melihat kita dengan senyum ketika kita sedang bekerja. Ia mengasihi kita dan selalu melimpahkan berkatNya  melalui pekerjaan kita. Merasakan dan menikmati  kehadiranNya  mendorong kita bekerja  sesuai etos kerja  yang ada di tempat kita berada.