Pahamkah Generasi Muda akan Ideologi Indonesia?

Oleh: Bryan Djoni (Mahasiswa Binus University)

Kita semua mengetahui bahwa Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia, tetapi tidak sedikit dari kita yang tidak paham arti dari kata tersebut. Apalagi kaum muda atau mahasiswa. Tulisan ini untuk memberikan inspirasi dan motivasi kepada mahasiswa sebagai kaum muda untuk bersikap kritis dan merawat ideologi Pancasila dalam kehidupan nyata sehari-hari.

Menurut KBBI, salah satu arti dari kata ideologi adalah: “kumpulan konsep bersistem yang dijadikan asas pendapat (kejadian) yang memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup.” Sementara menurut Oesman dan Alifan (1990: 6), Ideologi adalah rangkaian norma atau nilai dasar menyeluruh dan mendalam yang dianut oleh suatu masyarakat atau bangsa sebagai visi dan pandangan hidup bangsa mereka.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ideologi adalah suatu sistem nilai yang terdiri atas nilai dasar yang menjadi cita-cita dan pedoman hidup penganut ideologi tersebut.

Fungsi ideologi Pancasila sangat banyak. Salah satunya yang berperan penting untuk negara Indonesia ialah pemersatu bangsa, memelihara dan mengukuhkan persatuan dan kesatuan itu. Fungsi ini sangatlah penting bagi bangsa Indonesia mengingat bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa heterogen dengan berbagai macam suku budaya yang seringkali terancam perpecahan.

Pancasila juga berfungsi untuk membimbing dan mengarahkan bangsa menuju tujuannya. Cita-cita bangsa dapat dipetik dari nilai-nilai pancasila, dan dapat digunakan sebagai sumber motivasi untuk menggerakkan bangsa untuk membangun negara secara nasional. Pancasila memberi gambaran cita-cita bangsa Indonesia sekaligus menjadi sumber motivasi dan tekad perjuangan mencapai cita-cita, menggerakkan bangsa melaksanakan pembangunan nasional sebagai pengamalan Pancasila.

Pancasila juga memberi tekad sebuah bangsa untuk mengembangkan identitas mereka sendiri. Pancasila memberi bayangan identitas bangsa Indonesia dan mendorong pembentukan bangsa dan karakter rakyat berdasarkan Pancasila.

Pancasila berperan sebagai pemersatu di dalam realitas bangsa yang sangat heterogen seperti halnya bangsa Indonesia. Banyaknya keberagaman suku, budaya, agama, kepercayaan, serta ras dalam negara Indonesia akan sulit untuk hidup secara rukun tanpa sebuah ideologi pemersatu seperti Pancasila. Jika ideologi Pancasila tidak ada di Indonesia, maka ideologi lain seperti liberalisme atau komunisme dapat dianut oleh rakyat Indonesia. Ideologi-ideologi ini tidak cocok untuk bangsa Indonesia yang sangat beragam dalam segala aspek kehidupan. Yang dapat terjadi ialah Indonesia menjadi terpecah belah antara penganut ideologi lainnya yang tidak setuju dengan pemikiran golongan lain yang tidak sependapat dengan golongannya sendiri.

Diskriminasi dan penindasan ras, suku, dan agama akan terjadi. Segregasi antar umat, serta hilangnya rasa nasionalisme yang diganti dengan rasa sehingga bangsa Indonesia dapat terpecah belah, bahkan identitas negara Indonesia dapat hilang. Begitulah pentingnya Ideologi Pancasila bagi bangsa dan negara Indonesia.

Kita sebagai mahasiswa di negara Indonesia sangat berperan dalam masa depan negara kita. Penting juga ideologi Pancasila untuk diimplementasikan dalam seluruh aspek kehidupan kita. Selain untuk melestarikan ideologi Pancasila demi Indonesia jaya kini dan nanti, menerapkan ide pokok Pancasila juga akan bermanfaat untuk kita.

Sebagai mahasiswa, kita wajib berpikir kiritis berparadigma Pancasila dan tanggap terhadap masalah-masalah sosial kebangsaan yang ada di lingkungan di sekitar kita. Kita perlu juga memahami dan mematuhi peraturan-peraturan dan melaporkan pelanggaran peraturan tersebut kepada pihak yang berwajib.

Kita pun patut menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita agar menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman untuk diri sendiri dan orang lain. Kita juga wajib untuk menciptakan kerukunan untuk orang yang menganut agama atau kepercayaan yang berbeda dengan kita. Dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kita, kita dapat membantu membangun bangsa Indonesia yang sukses nan jaya.

DAFTAR PUSAKA :

  1. Pidato Soekarno 1 Juni 1945
  2. Tim CBDC. (2014). Character Building Pancasila. I. Character Building Development Center (CBDC). Jakarta. ISBN: 00000.
  3. https://kbbi.web.id/ideologi
  4. https://www.google.com/url?q=https://www.negeripesona.com/2015/04/fungsi-pancasila-sebagai-ideologi.html%23:~:text%3DSebagai%2520Ideologi%2520Negara%252C%2520Pancasila%2520setidaknya%2520memiliki%2520empat%2520fungsi,karena%2520sebagai%2520masyarakat%2520majemuk%2520sering%2520kali%2520terancam%2520perpecahan&sa=D&ust=1600836492268000&usg=AFQjCNFwtJPxXzt1WxhfQZzTsaG6auUVSw
  5. https://www.negeripesona.com/2015/04/fungsi-pancasila-sebagai-ideologi.html
  6. https://guruppkn.com/contoh-sikap-patriotisme