Peran Agama Menciptakan Perdamaian Dunia

Nama : David Hartono

NIM : 2201738062

& Daulat Marulitua

Agama secara umum adalah Agama merupakan suatu dogma yang mengajarkan sekaligus mengajak kepada umat atau pengikutnya untuk mepercayai adanya Tuhan semesta alam. Tuhan yang menyampaikan perintah dan larangan-NYA agar dipatuhi dan dijalankan agar memiliki akhlak dan iman yang baik dalam menjalankan kehidupan di dunia. Sehingga peran agama dalam menciptakan perdamaian ialah sebagai pedoman setiap umat manusia untuk pengendalian diri ditengah masyarakat dan hidup dalam jalan yang baik dan teratur. Agama jika dalam konteks sosial masyarakat maka agama berperan sebagai transformasi sosial dari yang adanya konflik menjadi sesuatu yang lebih baik dan damai, sehingga dapat saya simpulkan bahwa agama dapat menjadi sarana dialog untuk kehidupan sosial manusia dalam menciptakan perdamaian dan ketentraman sosial. Agama mengedepankan tindakan preventif, persuasif, dan edukatif kepada umatnya, maka peran agama dalam penyelesaian konflik masyarakat dapat berupa pengingat bagi umatnya untuk hidup dalam perdamaian dan cinta kasih seperti yang diajarkan oleh semua agama seperti Kristen, Islam, Khatolik, Hindu, Buddha dan Konghucu.

            Sebagai orang beragama peran yang saya lakukan dalam menciptakan perdamaian dunia adalah melakukan dialog antar umat beragama, dialog yang saya maksud tidak hanya terjadi dengan mengobrol, berdikusi maupun langsung menyentuh pembicaraan keimanan dan ajaran agama dengan umat agama lainnya namun lebih keranah menunjukkan tindakan, praktek sehari-hari dan pembicaraan terhadap sesama tanpa mengucilkan, membeda-bedakan, dan menjatuhkan teman maupun orang lain namun merangkul, menjaga sikap dan omongan agar memiliki hubungan yang baik dan mencontohkan tindakan sikap toleransi terhadap sesama umat manusia. Lalu, saya juga tergabung dalam suatu organisasi pecinta alam yang memiliki anggota dengan agama yang beragam, dalam organisasi ini saya banyak belajar mengenai bagaimana dialog dapat menciptakan perdamaian, menyalurkan cinta kasih kepada sesama dan dapat menyatukan setiap perbedaan yang ada. Setiap anggota menunjukkan bagaimana agama yang dipeluk tidak dijadikan sebagai ajang eksistensi diri melainkan menjunjung toleransi untuk bersama-sama merangkul dan menjadi contoh bagi kelompok masyarakat lainnya mengenai indahnya kebersamaan ditengah perbedaan. Saya sering mengikuti kegiatan bersama yang Organisasi buat dengan melakukan kegiatan bersama ditengah masyarakat seperti, ikut reboisasi di Gunung Gede Pangarango, mengambil sampah plastik yang ditinggalkan pendaki dijalur pendakian Gunung Salak, serta melakukan Bakti Sosial di Panti Jompo. Dialog-dialog seperti inilah yang saya lakukan dalam berperan menciptakan perdamaian dunia.

            Agama berperan penting dalam kehidupan setiap manusia, dan bagaimana agama juga dapat menjadi alasan atau faktor seseorang maupun kelompok masyarakat dalam memperjuangkan kepentingan dan tindakan radikalisme sehingga menimbulkan perpecahan dan konflik. Saya banyak melihat berita bahwa ada kalanya Pemuka Agama memberikan nasihat kepada umat bahwa untuk menjaga toleransi dan menjunjung tindakan kasih serta damai sejahterah ditengah masyarakat namun ada kalanya juga adanya utusan maupun nasihat untuk memecah belah masyarakat dunia seperti mendeklarasikan bahwa agama tertentu adalah sangat baik dan menjatuhkan ajaran agama lainnya. Agama memang berperan dalam menciptakan perdamaian dan konflik di tengah masyarakat namun tidak dipungkiri bahwa umat pemeluk yang berperan aktif dalam menciptakan perdamaian di dunia, agama menjadi pedoman serta norma-norma dengan memberikan ajaran mengenai perbuatan yang baik dan jahat serta tindakan yang dilarang agar terhindar dari murka Tuhan. Setiap agama memiliki kebaikan dan kesamaan antar satu agama dengan agama yang lainnya, maka untuk menciptakan perdamaian kita sebagai umat harus melakukan tindakan-tindakan sebagai berikut:

  • Mencari kesamaan yang ada, bukan mencari perbedaan yang bersinggungan antar ajaran agama
  • Berdialog dengan umat agama lainnya
  • Toleransi
  • Menghormati aturan dan pelaksanaan ibadah agama lain
  • Sikap terbuka dan mau menerima ajaran agama lain

Contoh tindakan diatas dapat menunjang perdamaian dunia melalui peranan agama. Saya juga menyadari bahwa masih banyak yang harus saya lakukan untuk berperan aktif dalam aksi perdamaian antar umar beragama dan mempelajari sikap yang kita harus lakukan dalam menghadapi konflik dan kejahatan yang dilakukan oleh umat pemeluk agama lainnya. Tindakan kasih yang mengalahkan kejahatan adalah contoh tindakan perdamaian yang dapat kita lakukan dalam menghadapi konflik, tidak hanya konflik yang mengatasnamakan agama melainkan kesenjangan, tindakan maupun keputusan yang tidak adil, dan sebagainya. Saya belajar juga mengenai konsep perdamaian dalam diri dengan Tuhan yang sudah memberikan damai itu sendiri kepada setiap daripada kita yang percaya kepada-NYA dan berdampak pada tindakan kita yang memberikan Kasih serta Damai Sejahterah kepada lingkungan kita dan ini juga berhubungan dengan tindakan Kasih dalam mengalahkan kejahatan. Kita sebagai umat manusia tidak akan bisa melakukan tindakan melawan kejahatan dengan adil dan tanpa kekerasan namun wujud Kasih mengalahkan kejahatan mengenai bagaimana kita selalu menyerahkan keluh kesah kita dan pergumulan kita dalam menghadapi konflik atau kejahatan yang terjadi dalam hidup kita kepada Tuhan untuk dapat menyelesaikan dan mengadili setiap orang yang jahat karena hanya Tuhanlah yang dapat mengadili dengan Kasih.