TOLERANSI

Nama : Phoebe Natassja Prayogo

NIM : 2001540993

Jurusan : Hotel Management-Universitas Bina Nusantara

Manusia itu satu tidak memandang perbedaan suku, budaya, warna kulit dan juga agama karena kita sama dibentuk oleh Tuhan. Kita mahluk sosial harus memanusiakan siapapun tidak membedakan seseorang dari fisik maupun suku nya karena pada dasarnya kita adalah mahluk yang diciptakan oleh Tuhan yang mempunyai kekurangan dan kelebihan.

Unity in diversity yang berarti persatuan dalam perbedaan dimana di Indonesia sudah diterapkan juga dalam bhineka tunggal ika yang merupakan moto atau semboyan bangsa Indonesia.  Indonesia merupakan Negara yang memiliki banyak budaya dan agama yang berbeda akan tetapi walaupun terdapat perbedaan tersebut harus tetap memiliki sebuah kesatuan agar sebuah Negara dapat menjadi maju. Seperti juga dalam pancasila sila ke tiga yaitu Persatuan Indonesia.

Setiap agama selalu memerintahkan kasih dengan begitu sebenernya banyak kedamaian cinta kasih Tuhan di antara kita ataupun di sekitar kita, kedamaian ini harus ada diantara kita karena sebenernya dengan ada kedamaian, dapat menentukan jati diri kita di dalam dunia ini. Cinta dan kasih sayang pun menjadi bagian penting dalam pembangunan diri kita.

Honesty yang diartikan sebagai kejujuran adalah salah satu faktor penting dalam membangun sebuah karakter. Kejujuran itu adalah bab pertama dalam sebuah kearifan.

Sekarang banyak yang mengatasnamakan suatu agama dalam melakukan sebuah kekerasan di seluruh dunia bahkan di Indonesia, yang sebenernya tidak boleh dikarenakan di agama mana pun itu tidak ada yang memerintah umatnya untuk melakukan suatu kekerasan ataupun kerugian terhadap sedikit atau banyak pihak. Agama itu tegas tetapi agama itu tidak keras.

Yang dapat saya tangkap dari video tersebut bahwa setiap agama seharusnya saling menghargai satu sama lain dan saling mengasihi satu sama lain. Semua agama mengajarkan satu yang sama yaitu kasih dimana setiap individu apapun agamanya harus saling mengasihi tanpa memandang agama seseorang.

Toleransi merupakan hal yang penting dalam beragama. Seseorang yang menganut agamanya dengan benar akan selalu memiliki rasa toleransi dan kasih kepada semua orang tanpa memandang agamanya.

Walaupun di Indonesia hampir seluruh penduduk memeluk agama islam, menjadi seorang Kristen tidak mengurangi Indonesia kita, tetapi dapat menjadi Indonesia Kristen ataupun Kristen Indonesia.