Agama dan Perdamaian

Nama : Aulia Septihani

NIM : 2001594613

Jurusan : Hotel Management-Universitas Bina Nusantara

Pertama pembelajaran yang saya ambil adalah bagaimana cara pandang satu Agama ke Agama yang lain, menghormati kepercayaan dan keyakinan sesama individu lain / Agama lain, karena semua agama mengajarkan semua kebaikan dengan pengajaran yang berbeda. Dan Allah selalu ada dalam Kalbu setiap UmatNya untuk mengasihi dan menyayangi setiap makhluk hidup yang tinggal di Dunia, dan silahturahmi adalah jembatan manusia untuk sama-sama mengasihi dan menyayangi satu sama lain, maka dari itu pentingnya Silaturahmi dalam hidup semua Umat manusia yang di ciptakan oleh Yang Maha Kuasa.

Didalam semua Agama tidak ada yang Namanya kekerasan, tapi adanya ketegasan. Di Agama manapun tidak ada yang mengajarkan kekerasan melainkan adanya ketegasan dalam ajaran masing-masing. Dan betapa pentingnya toleransi dalam agama, sebagai contoh yang terdapat dalam diskusi yang telah di bahas ini, jika Umat Katolik sedang beribadah dan kehabisan lapang parkiran maka mereka bisa memarkir kan mobil nya di perkarangan yang di sediakan oleh Masjid Istiqlal. Untuk mempermudah para Umat Katolik untuk melaksanakan ibadah yang akan mereka laksanakan, alangkah indah nya jika Toleransi di terapkan oleh semua manusia dari berbagai Agama yang mereka percayai.

Dan dalam kutipan pembicaraan yang bisa saya ambil yang disampaikan oleh Bapak yaitu, Di dalam ke Kristenan untuk pembicaraan Bhineka Tunggal ika, bahwa di dalam keberadaan agama- agama adanya nilai kasih, dalam semua agama terdapat nilai kasih, selalu di landaskan kasih terhadap sesama manusia, bahwa ketika kita ingin menjadi manusia kita harus saling membantu dan mengasihi satu sama lain. Menjadi warga negara yang baik, menjadi Umat Agama yang baik juga menjadi Indonesia bukan berarti mengurangi keAgamaan yang di anut, di Indonesia berbagai macam budaya yang ada ,  dan berbagai macam Agama yang ada dan di anut masyarakat Indonesia, tapi dengan berbagai macam budaya dan agama yang dipercayai, masyarakat Indonesia tetap harus Bersatu dengan dasar Bhineka Tunggal Ika dan Pancasila yang ada. Agama selalu mengajarkan kerukunan, kerukunan sangat penting peran nya dalam agama, dan kemanusiaan juga, maka ada di sebut dalam Pancasila nomor 2 “Kemanusiaan yang adil dan beradab”.

Jadi dalam agama pentingnya beberapa aspek untuk menjalani kehidupan yang tentram, toleransi kepada makhluk yang bernyawa adalah point yang sangat penting yang bisa saya ambil dari diskusi yang dijalankan, dan saling mengasihi sesama makhluk hidup tidak saling menyakiti karena Agama manapun tidak pernah mengajarkan kekerasan kepada umatNya. Kita makhluk sosial harus memanusiakan siapapun tidak membedakan seseorang dari warna kulit, suku, budaya atau agama yang di anut karena pada dasarnya kita adalah makhluk yang diciptakan sama oleh Tuhan mempunyai kekurangan dan kelebihan.