Pentingnya Pendidikan Politik bagi Pengusaha/Entrepeneur

By : Jamson Siallagan

Pengusaha adalah seorang yang mengembangkan dan mengelola usaha bisnis fengan harapan memperoleh keuntungan dengan mengambil resiko dalam dunia ekonomi.   Mereka kadang juga disebut sebagai Entrepener yang sangat berpengaruh dalam laju ekonomi di sebuah Negara. Oleh sebab itu mereka perlu dibekali dengan pemahaman tentang politik. Beberapa alasan yang dapat dikemukan tentang adalah:

  1. Membekali entrepeneur menjadi warga negara yang baik

Seorang enterpeneur yang hidup sebagai warga Negara yang baik akan menaati setiap nilai dan norma yang berlaku di masyarakat, memastikan tujuan dia usahanya akan bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.

  • Realitas politik dipastikan mempengaruhi bidang ekonomi ataupun bisnis.

Seorang Entrepeneurship membutuhkan skill untuk dapat membaca situasi politik, sehingga ia mampu mengambil keputusan yang tepat terkait bidang bisnis yang digelutinya

  • Kenyataaan di masyarakat kita temukan banyak para pengusaha akhirnya terjun ke dunia politik. Dengan pemahaman politik yang memadai, maka mereka sudah dibekali jika akhirnya mereka akan terjun ke dunia politik.

Adapun materi-materi yang dibahas adalah yang perlu dipahami secara ringkas dan sederhana adalah seperti materi yang ada di bawah ini:

  1. Teori-teori seperti: teori kekuasaan, teori tujuan Negara, teori system pemerintahan, juga tentang konsep-konsep politik seperti: konsep idiologi, konsep Negara, konsep kekuasaan, demokrasi, musyawarah.
  2. Hukum konstitusi dan kehidupan konstitusional. Materi ini penting agar insan politik tahu aturan main kehidupan konstitusional dan dapat bermain berdasarkan aturan main yang ada.
  3. Kultur Politik (Budaya Politik)
  4. Kehidupan kemasyarakatan dan Bisnis dewasa ini.
  5. Bisnis Dan Lingkungan Politik
  6. Bisnis Politik Dan Politik Bisnis

Untuk mencapai hal ini maka perlu diberikan program khusus atau pelatihan bagi calon entrepeneurship. Pelatihan ini akan dilaksanakan dengan cara kreatif dan menyenangkan dalam bentuk presentasi, diskusi dengan materi yang real di masyarakat, dan latihan ketrampilan. Dengan demikian mereka akan menjadi pengusaha/entrepreneur yang akan berdampak pada pembangunan bangsa ini. Kajian ini dapat menjadi masukan bagi lembaga-lembag pelatihan.