Indonesia Butuh Pancasila!

By : Marcella Clarissa Christabel, NIM : 2301935943, Mahasiswi Binus University

Indonesia adalah negara majemuk. Negara majemuk adalah negara yang terdiri dari beranekaragam ras, agama, golongan, budaya, suku, dan lain-lain. Di Indonesia terdapat 6 agama, lebih dari 300 etnis, dan lebih dari 1000 suku bangsa menurut sensus BPS tahun 2010. Setiap suku, agama, budaya, dan etnis pasti memiliki perbedaan antara satu dengan yang lainnya dan juga memiliki ciri khas masing-masing.

Dengan adanya perbedaan tersebut bukan tidak mungkin akan terjadi perpecahan. Oleh karena itu Indonesia memerlukan satu prinsip untuk hidup bersama. Prinsip itu adalah Pancasila. Pancasila ada sebagai pemersatu bangsa. Dengan Pancasila, masyarakat di Indonesia bisa hidup tentram dan damai tanpa perpecahan.

Pancasila lahir untuk menyatukan bangsa Indonesia yang majemuk. Sila-sila yang terkandung dalam Pancasila tidak hanya melindungi satu agama, suku, ras atau golongan tertentu saja, tetapi Pancasila menjadi pelindung dan pemersatu bagi semua agama, suku, ras, dan golongan di Indonesia.

Sebagai contoh di dalam sila pertama kita diajarkan untuk percaya dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan ajarannya masing-masing dan juga menghargai dan menghormati agama lain sehingga tidak menganggap bahwa agamanyalah yang paling benar, lalu di sila ke dua kita diajarkan bahwa kita semua itu diciptakan sama oleh Tuhan, sehingga jangan bersikap diskriminatif terhadap orang lain.

Di sila ke tiga kita diajarkan untuk menjunjung tinggi persatuan di dengan cara mengutamakan kepentingan bangsa dibandingkan kepentingan pribadi atau golongan tertentu. Di sila ke empat kita diajarkan untuk mementingkan musyawarah untuk mencapai mufakat dan menghormati hasil dari musyarawarah. Terakhir, sila ke lima mengajarkan kita supaya menghormati hak dan kewajiban orang lain. Dengan menjalankan nilai-nilai Pancasila ini, Indonesia akan jauh dari perpecahan dan bisa hidup dengan damai karena semua masyarakatnya menjunjung tinggi persatuan.

Untuk mempertahankan hidup yang damai dan tentram, masyarakat Indonesia butuh suatu pegangan atau pedoman hidup supaya bisa berperilaku dengan baik. Selain menjadi pemersatu bangsa, Pancasila juga memiliki peran penting sebagai pedoman hidup bagi bangsa Indonesia. Masing-masing dari 5 sila yang terkandung di Pancasila mempunyai arti dan makna tersendiri yang berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari dan juga dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari.

Sebagai contoh misalnya dalam sila pertama  yaitu kita harus menghargai dan menghormati sesama walaupun berbeda agama, dan tidak memaksakan agama terhadap orang lain, lalu juga di dalam sila ke dua kita diajarkan untuk tidak membeda-membedakan orang lain dari ras, suku, warna kulit, dan lain-lain karena kita semua sama. Sila tidak mengajarkan kita untuk cinta pada tanah air dan bangsa kita. Sila empat mengajarkan kita untuk melakukan musyawarah untuk menyelesaikan masalah dan menghormati hasil musyawarah karena sudah menjadi keputusan bersama. Sila ke lima mengajarkan kita untuk saling tolong menolong dengan orang lain dan menghargai sesama.

Selain dijadikan pedoman untuk kehidupan sehari-hari, Pancasila juga menjadi landasan dalam penyelenggaraan pemerintahan di Indonesia. Misalnya sesuai sila pertama, negara Indonesia menjamin kemerdekaan setiap warga negaranya untuk beribadah. Selain itu sesuai dengan sila ke dua, Indonesia juga memperlakukan semua rakyatnya dengan adil dan menjunjung tinggi hak-hak asasi. Lalu di sila ke empat, negara wajib mengakui kedaulatan rakyatnya. Terakhir di sila ke lima negara wajib mengikutsertakan rakyatnya dalam kehidupan ekonomi, social dan budaya.

Sebagai dasar negara Indonesia, Pancasila sangat penting untuk mempersatukan Bangsa Indonesia yang majemuk agar bisa hidup rukun tanpa perpecahan. Pancasila merupakan satu kesatuan yang utuh dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari, nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila bisa diterapkan ke dalam kehidupan kita untuk pedoman kita berperilaku. Pancasila juga merupakan landasan atau dasar dari pemerintahan di Indonesia, sehingga semua pemerintahan di Indonesia berpegang pada Pancasila. Tanpa adanya Pancasila tidak ada yang menyatukan Indonesia sehingga memungkinkan terjadinya perpecahan, oleh karena itu Pancasila harus kita jaga baik-baik untuk kebaikan bangsa kita dan juga untuk diri kita sendiri dengan cara berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila dan juga menjadikan Pancasila sebagai pedoman hidup.

Referensi :

  1. https://www.scribd.com/doc/314326797/Negara-Indonesia-Adalah-Negara-Yang-Majemuk
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Suku_bangsa_di_Indonesia
  3. https://www.indonesia.go.id/profil/suku-bangsa
  4. https://www.kompasiana.com/dionisiusfarrellian/5c00118f6ddcae28480fb204/penerapan-pancasila-dalam-kehidupan-sehari-hari?page=all