Tujuan Negara Indonesia

Oleh: Dr. Iwan Irawan

Dalam alinea keempat Undang-Undang Dasar 1945, tujuan utama Indonesia adalah untuk memastikan hak-hak dan kebebasan individu, mengembangkan kemajuan sosial, ekonomi, dan politik, memastikan keadilan sosial, dan membangun negara yang mengutamakan hak asasi manusia. Tujuan utama pembuatan pembukaan UUD1945 alinea ke-4 adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, menciptakan kondisi yang lebih baik, dan menciptakan negara yang lebih maju. Oleh karena itu, tujuan utama Indonesia pada pembuatan pembukaan UUD1945 alinea ke-4 adalah untuk menjamin hak-hak individu, menciptakan kemajuan sosial, ekonomi, dan politik, menjamin keadilan sosial, dan menciptakan negara yang berwawasan pada hak asasi manusia.

Setiap negara memiliki tujuan dan cita-citanya masing-masing. Tujuan negara Indonesia sudah ditentukan oleh para pendiri bangsa melalui pembukaan UUD 1945 alinea ke-4. Berikut adalah tujuan bangsa Indonesia pada pembukaan UUD 1945 alinea ke-4.

1. Melindungi bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia

Tujuan pertama bangsa Indonesia adalah melindungi seluruh bangsa yang ada di Indonesia tanpa memandang kelompok sosial dan latar belakang tertentu, baik asal keterunan, adat, kepercayaan, suku, maupun ras. Selain melindungi seluruh bangsa, Indonesia juga harus melindungi seluruh tumpah darah Inonesia, yang berarti Indonesia harus melindungi tempat kelahirannya.

Contoh untuk melindungi bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia adalah upaya pemerintah di bidang keamanan seperti aparat kepolisian, tenaga militer, dan penegak hukum. Contoh nyata dari melindungi bangsa Indonesia adalah peresmian hukum untuk melindungi kelompok sosial tertentu, seperti subsidi untuk masyarakat miskin, kaum buruh, dll. Contoh nyata dari melindungi tumpah darah Indonesia adalah perebutan wilayah irian jaya yang dikuasai oleh Belanda dan perlawanan terhadap organisasi saparatis seperti OPM (Operasi Papua Merdeaka), GAM (Gerakan Aceh Merdeka), dan gerakan saparatis lainnya.

2. Memajukan kesejahteraan umum

Tujuan kedua bangsa Indonesia adalah untuk memajukan kesejahteraan umum yang berarti meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Hal tersebut diwujudkan melalui beberapa bidang, seperti berikut ini.

  • Bidang ekonomi dengan menciptakan lapangan kerja, meningkatkan UMR, mengurangi kesenjangan ekonomi, dll.
  • Bidang pendidikan dengan memberikan pendidikan gratis dan wajib serta berkualitas untuk rakyat Indonesia.
  • Bidang kesehatan dengan memberikan fasilitas kesehatan yang terjangkau dan memadai untuk rakyat Indonesia.
  • Bidang infrastruktur dengan memberikan fasilitas umum seperti transportasi umum, perbankkan, internet, dll.
  • dan bidang lainnya.

3. Mencerdaskan kehidupan bangsa

Tujuan ketiga menekankan pentingnya pendidikan secara khusus untuk Masyarakat Indonesia. Contohnya adalah program-program pendidikan wajib untuk seluruh masyarakat Indonesia, yakni pendidikan wajib selama 12 tahun, dari SD hingga SMA. Contoh lainnya adalah dengan meningkatkan kualitas pendidikan dari SDM hingga infrastruktur pendidikan yang ada di Indonesia.

4. Turut melaksanakan ketertiban dunia

Selain di dalam negri, Indonesia juga memiliki tujuan tangkat internasional. Tujuan keempat menekankan partisipasi Indonesia dalam ikut serta menjaga perdamaian dan keamanan internasional. Contohnya adalah kontribusi Indonesia dalam membantu mengatasi konflik internasional baik melalui diplomasi maupun melalui angkatan bersenjata. Contohnya, dengan diplomasi, Indonesia berusaha menyelesaikan konflik Israel dengan Palestina. Contoh lainnya, melalui angkatan bersenjata, Indonesia pernah menjalankan misi garuda ke berbagai negara seperti Palestina, Mesir, Filipina, dll.Salah satu contoh upaya Indonesia untuk mendukung ketertiban global adalah Pertemuan Informal Jakarta (JIM), yang merupakan upaya untuk memainkan peran Indonesia dalam perdamaian global, terutama di wilayah Asia Tenggara. Menteri Luar Negeri Indonesia Ali Alatas memulai JIM. JIM adalah upaya untuk menyelesaikan konflik Kamboja. Melalui JIM, masalah Kamboja dapat diselesaikan pada tanggal 23 Oktober 1991 berdasarkan Perjanjian Paris.

Selain itu, Indonesia memiliki posisi unik sebagai anggota dalam Association of Southeast Asian Nations (ASEAN). ASEAN adalah suatu organisasi antar bangsa yang wilayahnya terletak di Asia Tenggara. ASEAN didirikan oleh Indonesia dan beberapa negara lain. Ini dicapai melalui Menteri Luar Negeri Indonesia, yang menandatangani Deklarasi Bangkok. Selain itu, sebagai anggota ASEAN, Indonesia memiliki posisi unik.

Referensi:

Tim Dosen CBDC. (2024). CHARACTER BUILDING : KEWARGANEGARAAN (CHAR6014). Jakarta. Tim Dosen CBDC

Sabat, Olivia. (2021). Tujuan Negara Menurut UUD 1945, Siswa Perlu Pahami. DetikEdu. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5755952/tujuan-negara-menurut-uud-1945-siswa-perlu-pahami

Adryamarthanino, Verelladevanka, Tri Indriawati. (2023). Tujuan Negara Indonesia Berdasarkan Pembukaan UUD 1945 Alinea IV. Kompas.com. https://www.kompas.com/stori/read/2023/01/26/190000779/tujuan-negara-indonesia-berdasarkan-pembukaan-uud-1945-alinea-iv?page=all

Iwan Irawan