Penguatan Karakter Melalui Sastra

Oleh: Dr. Rahmi Yulia Ningsih, S.Pd., M.Pd.

Sastra adalah salah satu media utama dalam penguatan karakter mahasiswa. Sastra akan melatih empati, simpati, dan rasa percaya diri. Lewat sastra, mahasiswa akan menyelami realita dan kondisi nyata yang dikemas dalam bahasa figuratif tanpa menggurui. Di saat itulah, nilai-nilai dan karakter semai dalam diri mahasiswa.

Bergabungnya bahasa Indonesia ke dalam unit Character Building Development Center (CBDC) Binus akan turut memperkuat program-program CBDC dalam penguatan karakter civitas akademika Binus. Salah satunya adalah lewat unjuk rasa dan sastra. Sejak 1 hingga 12 Juli 2024, CBDC BINUS University terlibat aktif dalam melatih mahasiswa untuk lomba pembacaan puisi, lomba penulisan puisi, dan lomba monolog. Tiga tangkai lomba ini akan ditampilkan dalam rangkaian Pekan Seni Mahasiswa Daerah DKI Jakarta 2024 bersama tangkai lomba lainnya.

Selama pembimbingan, mahasiswa dibekali olah pikir, olah rasa, dan olah tubuh. Terlebih naskah yang dibawakan adalah naskah bertemakan sosial sehingga memantik pemikiran kritis dan kreatif mahasiswa dalam menggali nilai-nilai sosial masyarakat. Berujung di 12 Juli 2024, telah diumumkan hasil lomba meliputi:

  1. Juara 1 lomba media kampanye sosial
  2. ⁠Juara 3 fotografi artistik
  3. ⁠Juara Harapan 1 lomba lukis
  4. ⁠Juara Harapan 2 lomba monolog

Selamat kepada Binusian, sesungguhnya mereka telah menang membawa nama baik Binus di bidang bahasa, seni, dan sastra. Ke depannya, CBDC BINUS siap sebagai wadah untuk unjuk rasa lewat sastra.

Dr. Rahmi Yulia Ningsih, S.Pd., M.Pd.