Perlu Komitmen Bersama Menghadapai Masalah Mendasar Kehidupan Manusia dan Semesta

Ket. foto | Dian Jennie Cahyawati, Ketua Puanhayati Pusat

Jakarta, CBDC – Unit Character Building Development Center, Universitas Bina Nusantara mengadakan seminar sehari dengan tema Membangun Kedamaian, Keadilan Sosial, dan Kerjasama Antar Umat Beragama dalam Konteks SDGs.

Seminar ini berlangsung pada hari Jumat 7 Juli 2024 yang dilaksanakan di Kampus Anggrek, Universitas Bina Nusantara dan diikuti oleh para Mahasiswa/i serta para dosen pengajar Character Building Pancasila, Kewarganegaraan dan Agama di seluruh area Kampus Binus yakni Binus Kemanggisan, Binus Bandung, Binus Malang dan Binus Semarang.

Salah satu pembicara yang dihadirkan dalam seminar ini adalah Ketua Organisasi Perempuan Penghayat Kepercayaan terhadap Tuhan YME Pusat atau yang kenal dengan Puanhayati, Dian Jennie Cahyawati, S.Sos.

Dalam materinya, Dian memaparkan bahwa dunia membutuhkan komitmen bersama (SDGs) untuk menghadapai masalah mendasar kehidupan manusia dan semesta. Ada beberapa alasan perlunya komitmen bersama ini yakni masalah ekonomi dan kemiskinan, keserakahan, kekerasan dan peperangan, ketidakadilan, eksploitasi alam, korupsi, kesehatan, Kebijakan dan lembaga yang akuntable.

Ia  menjelaskan bahwa target yang ingin dicapai dari komitmen bersama itu adalah mengurangi secara signifikan segala bentuk kekerasan, melindungi dan mengakhiri pelecehan, eksploitasi, perdagangan manusia terhadap kaum rentan, memastikan pemanfaatan akses yang berkeadilan  tanpa diskriminasi dengan memperbaiki supremasi hukum baik secara nasional dan internasional.

Selain itu, ia menambahkan bahwa target yang juga ingin dicapai dari komitmen bersama itu adalah pemberantasan korupsi dan suap, pembangun lembaga yang efektif, akuntable dan transparan, serta pengambilan keputusan/kebijakan yang bermuara pada perdamaian, inklusif, berkeadilan, dan berpihak pada perlindungan lingkungan dan ekosistem.

Pada kesempatan itu, Dian juga menggarisbawahi  konteks gerakan bersama dalam ruang agama dan kepercayaan, Menurutnya, ada beberapa hal yang harus dilakukan yaitu mengembangkan cara pandang yang sama, komunikasi yang efektif, dan bekerjasama lintas komunitas agama untuk memberikan solusi terhadap :

    1. Membangun toleransi dengan menerima perbedaan
    2. Membangun peradaban yang dengan meletakan  dasar-dasar moralitas lebih baik serta menjunjung  tinggi nilai kemanusiaan
    3. Ikut serta dalam memperbaiki atau meminimalisir kerusakan alam dan perubahan iklim
    4. Memerangi kekerasan dan kesetaraan gender
    5. Setara dan berkeadilan tanpa diskriminasi
Yustinus Suhardi Ruman