Center of Excellence on Interfaith and Cultural Diversity

Jakarta, CBDC– Character Building Development Center (CBDC), Universitas Bina Nusantara terus berkiprah mendukung kemajuan Binus University.

Salah satu dari dukungan itu adalah membentuk unit khusus dalam area CBDC yang menangani dialog antara iman dan keberagaman budaya. Unit ini bernama Center of Excellence on Interfaith and Cultural Diversity.

Hal itu dikemukakan ole Dr. Frederikus Fios pada sambuatannya untuk membuka seminar yang bertema “Membangun Kedamaian, Keadilan Sosial, dan Kerjasama Antar Umat Beragama dalam Konteks SDG”. Seminar ini dilaskanakan di Universitas Bina Nusantara, Kampus Anggrek, pada Jumaat, 7/6/2024.

Manajer Character Building Development Center itu menerangkan bahwa unit  CBDC memiliki tanggungjawab sentral dalam memajukan, mengembangkan dan memperkuat karakter para Binusian dalam upaya untuk mencapai Visi Binus sebagai ” A World Class University by Fostering and Empowering the Society”.

Pada hari ini, terang Dr. Fios ada tiga kegiatan yang akan dilakukan sebagai upaya mengambil bagian dalam mencapai visi tersebut.

Pertama, seminar sehari dengan mendatangkan tokoh-tokoh dari berbagai agama dengan melibatkan semua area Binus yakni di Jakarta, Bandung, Semarang dan Malang. Seminar ini merupakan bentuk dari dialog antarumat beragama.

Kedua, menghadirkan budaya local melalui pertunjukkan music local. Musik local yang diperdengarkan dalam seminar ini adalah music Sasando dari Provinsi Nusa Tenggara Timur. Selain itu, juga ada presentasi mengenai batik dari Jawa Tengah.

Ketiga, memberikan apresiasi kepada poster-poster terbaik dari Mahasiswa. Poster-poster ini berkaiatan dengan program kegiatan SDGs. Teaching Learning Activities untuk pembelajaran Character Building di lingkungan Universitas Bina Nusantara berbasis pada proyek. Untuk periode semester genap tahun ajaran 2023/2024 proyek yang dikerjakan oleh Mahasiswa berkiatan dengan isu-isu SDGs.

Yustinus Suhardi Ruman