Peran Literasi Digital Dalam Era Digital saat Ini

Oleh:  Evotianus  | 2602189221|

Era digital pada saat ini dimana teknologi mempengaruhi hampir setiap aspek didalam kehidupan kita baik di informasi dan komunikasi. Dengan akses internet yang lebih mudah, telah mengubah cara kita berkomunikasi, belajar, berinteraksi, dan bekerja. Era ini telah mempengaruhi seluruh zaman yang sudah ada sebelumnya dengan cepatnya perubahan yang terjadi. Oleh karena itu, literasi digital juga memiliki peran yang penting dalam era digital yang bergerak semakin cepat ini terutama bagi anak-anak muda.

Anak-anak muda di Indonesia juga sudah terbiasa dengan era digital saat ini yang menjadikan teknologi sebagai kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari yang tidak bisa ditinggalkan. Penggunaan teknologi juga sudah menjadi standar minimum dalam kehidupan sehari-hari guna untuk mengikuti informasi terkini yang ada.

Menurut hasil pengukuran Indeks Literasi Digital Indonesia 2021 yang digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Katadata Insight Center (KIC). Secara keseluruhan, Indeks Literasi Digital Indonesia 2021 mencapai 3.49 dari skala 1-5, atau naik dari pencapaian tahun sebelumnya 3.46.

Dari data tersebut, bisa kita lihat bahwa dengan kemajuan era digital saat ini, juga mempengaruhi kemampuan literasi digital di Indonesia. Para anak-anak muda Indonesia dapat menjadi sosok yang dapat berperan penting dalam era digital. Hal ini dapat memungkinkan penggunaan teknologi yang semakin efektif dan semakin terampil guna memajukan Indonesia.

Literasi digital juga membantu dalam meminimalkan resiko dalam ancaman secara online serta mempersiapkan anak-anak muda Indonesia dalam menghadapi tantangan yang ada dan dapat mengambil peluang yang muncul dalam dunia kerja yang dipengaruhi dalam teknologi.

Oleh karena itu, penting untuk mendorong pengembangan literasi digital yang inklusif dan memberikan akses yang setara ke teknologi dan keterampilan digital. Dalam hal ini, pendidikan dan pelatihan yang memprioritaskan literasi digital menjadi penting untuk memastikan bahwa individu dan masyarakat dapat memanfaatkan potensi positif yang ditawarkan oleh era digitalisasi.

Referensi :

https://pertanian.uma.ac.id/pentingnya-literasi-digital-dalam-era-digitalisasi/

https://www.kominfo.go.id/content/detail/39858/literasi-digital-masyarakat-indonesia-membaik/0/artikel

Evotianus