Pentingnya Wawasan Nusantara

Oleh: Richie Hartono | PPTI 14 | 2602189335 |

Wawasan Nusantara adalah sebuah konsep yang menggambarkan kesatuan dan persatuan negara Indonesia. Wawasan Nusantara merupakan pandangan kita terhadap kesatuan Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, ras, agama, dan budaya. Walaupun berbeda, kita tetap saling toleransi, menghormati, dan berkerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Wawasan Nusantara juga merupakan pandangan yang menganggap Indonesia sebagai satu kesatuan utuh yang dihubungkan oleh laut dan pulau-pulau, dengan mempertimbangkan aspek ideologi, politik, ekonomi, sosial-budaya, dan pertahanan. Konsep Wawasan Nusantara adalah gagasan dari Profesor Mochtar kusumaatmadja. Gagasan ini berawal dari Deklarasi Djuanda mengenai batas teritorial laut Indonesia pada 1957.

Kata Wawasan Nusantara terdiri dari kata wawas dan Nusantara. Wawas adalah kata dalam bahasa Jawa yang artinya pandangan, tinjauan, dan penglihatan indrawi. Wawasan sendiri berarti cara memandang atau melihat sesuatu. Nusantara terdiri dari nusa dan antara. Nusa artinya pulau atau kesatuan pulau. Antara artinya berada di tengah 2 atau lebih hal. Nusantara memiliki arti kesatuan kepualan yang terletak antara dua benua dan dua samudra. Benua tersebut adalah Asia dan Australia, sedangkan samudranya adalah Samudra Hindia dan Pasifik.

Wawasan Nusantara penting untuk diketahui. Dengan mengetahui Wawasan Nusantara, kita dapat membangun rasa nasionalisme dalam diri kita dan membangun kesadaran nasional. Dalam kehidupan sehari-hari, pengaplikasian Wawasan Nusantara mengajarkan kita untuk menghormati keberagam yang ada di Indonesia, menumbuhkan semangat kebangsaan, menanamkan rasa cinta tanah air, mengajarkan tentang lingukan Indonesia dan pentingnya menjaga lingkungan, serta mengajarkan tentang keberadaan Indonesia di dunia Global. Seperti yang dapat dilihat, Wawansan Nusantara memiliki banyak manfaat bagi kita jika kita mengaplikasikan Wawasan Nusantara dalam kehidupan sehari-hari. Warga Indonesia dapat menjadi lebih bangga menjadi bagian dari Indonesia. Kita juga dapat hidup lebih rukun dan saling menghormati. Selain itu, kita juga dapat mengetahui wilayah Indonesia dan pentingnya menjaga wilayah Indonesia. Oleh karena itu, mari kita pelajari Wawasan Nusantara dan aplikasikan Wawasan Nusantara dalam kehidupan sehari-hari agar kita dapat memajukan Indonesia dan mencapai cita-cita Indonesia.

Referensi:

https://fahum.umsu.ac.id/wawasan-nusantara/#:~:text=Tujuan%20utama%20dari%20Wawasan%20Nusantara,mencapai%20kemajuan%20dan%20kesejahteraan%20bersama.

https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20230824101016-569-989848/wawasan-nusantara-pengertian-kedudukan-fungsi-dan-manfaat

https://kwikkiangie.ac.id/home/2023/10/23/wawasan-nusantara-sebagai-sarana-memahami-indonesia/#:~:text=Dalam%20upaya%20memahami%20Indonesia%2C%20konsep,yang%20menjadi%20ciri%20khas%20Indonesia.

https://pasla.jambiprov.go.id/wawasan-nusantara-pengertian-tujuan-dan-kedudukan/

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6987232/ketahui-5-fungsi-wawasan-nusantara-dan-implementasinya

Richie Hartono