Pentingnya Pajak untuk Masyarakat dan Negara

Oleh: Cynthia Pandora | PPTI 15 | 2602189442 |

Pernahkah kalian bertanya-tanya apa fungsi atau pentingnya membayar pajak? Mungkin, beberapa dari kalian hanya melaksanakan wajib pajak tanpa mengetahui apa itu pajak dan fungsinya. Padahal, kita perlu mengetahui apa itu pajak dan pentingnya pajak untuk masyarakat dan negara. Jadi, apa itu pajak?

Berdasarkan Undang-Undang No. 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum dan Tata ara Perpajakan (KUP), pajak adalah konstribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Dari pengertian ini, dapat kita simpulkan bahwa pajak adalah suatu iuran wajib yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang.

Pada dasarnya, pajak digunakan untuk pengeluaran negara. Direktorat Jenderal Pajak menyatakan bahwa terdapat 4 fungsi pajak, antara lain:

  1. Fungsi Anggaran

Pajak berfungsi untuk membiayai pengeluaran negara, seperti pembangunan dan pembiayaan rutin (belanja pegawai, belanja barang, pemeliharaan, dan lain-lain

  1. Fungsi Mengatur

Pajak dapat dijadikan alat untuk mencapai tujuan ekonomi. Contohnya, pemerintah menetapkan bea masuk yang tinggi untuk produk impor untuk melindungi produksi dalam negeri.

  1. Fungsi stabilitas

Pajak memiliki peran penting untuk menjaga keseimbangan perekonomial satu negara. Hal ini dapat dilakukan dengan mengatur peredaran uang di masyarakat, pemungutan pajak, dan penggunaan pajak yang efektif dan efisien untuk me

  1. Fungsi redistribusi pendapatan.

Pajak yang dipungut akan digunakan untuk membiayai kepentingan umum, termasuk pembangunan ekonomi. Hal ini dilakukan dengan menciptakan lapangan pekerjaan. Terbukanya lapangan pekerjaan ini dapat mendistribusi pendapatan masyarakat secara merata.

Dari fungsi-fungsi di atas, dapat disimpulkan bahwa pajak menjadi sumber utama pendapatan negara yang akan digunakan untuk segala keperluan dan kesejahteraan masyarakat. Namun, apa saja contoh manfaat dari penggunaan pajak oleh pemerintah yang dapat kita rasakan sebagai masyarakat?

Pada buku Pajakpedia yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak, dipaparkan banyak sekali manfaat dari pajak yang mungkin tidak kita sadari. Pertama dan terutama, untuk mensejahterakan masyarakat. Hal ini diupayakan pemerintah dengan menggunakan pajak yang telah dipungut untuk menyediakan pendidikan dan biaya kesehatan yang murah dan terjangkau, melakukan penanggulangan kemiskinan, dan menyediakan subsidi bagi masyarakat (BBM, listrik, pangan, pupuk dan benih, dan pelayanan publik). Kedua, pajak juga digunakan untuk membangun infrastruktur pendorong pertumbuhan ekonomi, seperti rumah susun sewa, saluran irigasi untuk meningkatkan hasil pertanian, dan penghubung untuk mempermudah perpindahan atau distribusi barang dan jasa (jalan, jembatan, rel kereta api, bandar udara, dermaga, dll). Tidak berhenti di situ, pajak juga digunakan untuk menjaga pertahanan dan keamanan negara Indonesia. Hal ini dilakukan dengan membeli mobil dan peralatan polisi, serta alat pertahanan, seperti pesawat tempur, helikopter serang, kapal tempur, persenjataan, amunisi, dan lain sebagainya. Selain itu, pajak juga dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan memantau dan mendeteksi ancaman serangan terorisme atau meningkatkan strategi keamanan wilayah dan bahaya lain untuk menjaga keamanan dan ketentraman masyarakat.

Dengan demikian, kepentingan pajak untuk masyarakat dan negara tentu sudah sangat jelas dan tidak dapat dikesampingkan. Maka dari itu, demi keberlangsungan negara dan segala pembagunan yang dilakukan demi kesejahteraan masyarakat, kita sebagai masyarakat itu sendiri perlu memenuhi kewajiban kita untuk membayar pajak tepat waktu sesuai dengan nominal yang seharusnya.

REFERENSI

Direktorat Jenderal Pajak. (n.d.). Fungsi Pajak. Diakses dari: https://www.pajak.go.id/id/fungsi-pajak

Kementerian Keuangan Ri Direktorat Jenderal Pajak. (n.d.). Pajakpedia. Diakses dari:       https://edukasi.pajak.go.id/get-pdf-inklusi/PajakPedia.pdf

Sandra. 2021. Mengenal Fungsi Pajak di Indonesia. Diakses dari: https://www.pajakku.com/read/60d2be0558d6727b1651ac01/Mengenal-Fungsi-Pajak-di-Indonesia

Cynthia Pandora