Penegakan Hukum: Masalah dan Tantangannya

Oleh: Tristan Aaron Hidajat | PPTI 16 | 2602189700 |

Indonesia adalah sebuah negara hukum, dimana negara hukum adalah sebuah negara yang penyelenggaraan kekuasaan pemerintahannya didasarkan atas hukum. Hal ini sendiri sudah tertulis pada UUD 1945 Pasal 1 Ayat 3. Dengan menjadi negara hukum, Indonesia bertujuan untuk mewujudkan rasa keadilan, kepastian hukum , pengembangan budaya hukum, serta pemenuhan keadilan. Namun pada kenyataannya masih banyak tantangan yang dihadapi dalam penegakan hukum. Artikel ini akan membahas mengenai dinamika penegakan hukum di Indonesia, serta mengidentifikasi tantangan yang dihadapi untuk memperkuat sistem hukum negara ini.

Salah satu masalah dari penegakan hukum adalah Institusi yang legal. Institusi ini harusnya menjadi salah satu penegak hukum yang membantu Indonesia untuk mencapai tujuan-tujuannya. Namun, masih ada oknum-oknum di institusi ini yang malah melakukan hal-hal yang berlawanan dengan penegakan hukum. Sebagai contoh, masih banyaknya oknum-oknum yang melakukan tindak korupsi. Masalah lain terletak pada kesetaraan di dalam hukum. Salah satu ciri dari negara hukum adalah adanya kesetaraan dalam hukum namun pada kenyataannya masih tedapat jurang yang besar antara kedua kelompok seperti kelompok si kaya dan si miskin. Sebagai contoh jika ada koruptor yang tertangkap maka ketika dirinya dipenjara, penjara mereka bagus bahkan terdapat ac, kasur, sampai kamar mandi dalam, sedangkan jika orang biasa dipenjara maka akan dimasukan ke sel yang bahkan bisa berisi lebih dari 20 orang. Lalu masalah selanjutnya adalah sumber daya manusia itu sendiri. Tidak bisa dipungkiri bahwa sumber daya manusia Indonesia masih dapat dibilan rendah. Warga negara Indonesia sendiri masih sering mengentengkan hukum dan peraturan yang ada. Contohnya saja, masih banyak orang yang tidak mau menggunakan helm saat naik motor, mereka beralasan bahwa jarak yang mereka tempuh hanya sedikit. Hal ini yang seharusnya diubah karena kita tidak tahu kapan akan mengalami kecelakaan, oleh karena itu peraturan/hukum itu dibuat. Masalah sumber daya manusia ini menjadi salah satu masalah terbesar yang sering kita hadapi dalam penegakan hukum.

Pada akhirnya, penegakan hukum merupakan perjalanan panjang yang memerlukan komitmen dan kerjasama dari semua pihak yang ada dimana pada konteks ini yaitu warga negara Indonesia. Salah satu cara paling mudah untuk mengatasi masalah-masalah tadi adalah melalui diri kita sendiri. Kita sebagai warga negara harus memiliki kesadaran terhadap hukum dan kemauan untuk menegakan hukum itu sendiri. Dengan dua hal ini negara Indonesia dapat menjadi negara hukum yang terus berkembang dan memiliki sistem hukum yang tangguh dan adil.

Referensi:

https://www.mkri.id/index.php?page=web.Berita&id=16565#:~:text=%E2%80%9CJadi%20kalo%20pertanyaannya%20negara%20hukum,adalah%20negara%20hukum%2C%E2%80%9D%20ujarnya.

https://www.gramedia.com/literasi/negara-hukum/

Power Point 20220914175626_Session 5 – Law Enforcement in Indonesia

Diktat Character Building : Kewarganegaraan

Tristan Aaron Hidajat