Penegakan Hukum Di Indonesia

Oleh: Hans Christian Arinardi | PPTI 16 |  2602198932 |

Indonesia adalah negara yang didasari oleh hukum, segala kegiatan yang berlangsung di negara Indonesia diatur dalam undang-undang yang berlaku. Tetapi apakah semua kegiatan sudah sesuai dengan undang-undang yang ada? Jawabannya tentu tidak. Masih banyak kegiatan-kegiatan yang melawan hukum dan perlu ditindak.

Hukum ini dibuat untuk menciptakan keadilan dan kepastian hukum. Oleh karena itu pemerintah menyiapkan beberapa lembaga yang bertugas untuk menjaga penegakan hukum yaitu:

  1. Kepolisian: lembaga yang sangat dekat dengan masyarakat dan sering kita temui dalam sehari-hari, keberadaan mereka diharapkan memberikan rasa aman, perlindungan, pengayoman ke Masyarakat.
  2. Kejaksaan: Lembaga ini bertugas untuk melakukan penuntutan kepada tersangka pelanggar hukum. Lembaga ini juga harus menegakan supremasi hukum dan melindungi hak asasi manusia.
  3. Kehakiman: hakim adalah orang yang berwenang untuk menyelenggarakan, melakukan peradilan dan memutuskan sengketa.
  4. Lembaga permasyarakatan: lembaga ini bertugas untuk melakukan pembinaan dan memberikan pembekalan hidup agar orang yang dibina dapat melakukan perannya sebagai Masyarakat.

Dari lembaga-lembaga di atas, sebenarnya yang menjadi peran penting terlaksananya penegakan hukum adalah kita yaitu masyarakat. Lembaga-lembaga yang ada bertujuan untuk memastikan hukum berjalan dengan baik, jika masyarakat tetap melakukan pelanggaran, maka hukum akan ditegakan oleh lembaga-lembaga tersebut. Kita sebagai masyarakat harus menaati dan menghormati setiap hukum yang berlaku dan jika dirasa ada yang kurang sesuai maka bisa memberikan masukan atau pendapat kepada pemerintah dengan cara melakukan musyawarah, kampanye, dll. Tetapi cara penyampainnya harus dilakukan secara sopan dan tidak mengandung unsur SARA. Semua ini dilakukan agar tercapainya kehidupan bermasyarakat yang adil, aman dan sejahtera.

Jadi kita sebagai Masyarakat harus menjalankan tugas kita dengan baik yaitu menaati hukum dan melakukan pengawasan terhadap jalannya hukum di Indonesia. Jika merasa ada yang tidak sesuai atau kurang tepat dapat dibicarakan dengan baik-baik melalui musyawarah, kampanye, dll. dan dilakukan dengan sopan. Dengan ditegakannya hukum di Indonesia, saya percaya Indonesia dapat bertumbuh dan bergerak ke arah yang semakin baik.

Referensi

Alia Yassinta Echa Putri. Penegakan Hukum di Indonesia: Pengertian, Fungsi, dan Contoh Lembaganya. https://news.detik.com/berita/d-6899076/penegakan-hukum-di-indonesia-pengertian-fungsi-dan-contoh-lembaganya. Diakses pada 3 Januari 2024.

Annisa Medina Sari. Lembaga Penegak Hukum di Indonesia: Jenis dan Fungsinya. https://fahum.umsu.ac.id/lembaga-penegak-hukum-di-indonesia-jenis-dan-fungsinya/. Diakses pada 3 Januari 2024.

Tim CBDC. 2022. Character Building: Kewarganegaraan (CHAR6014). Jakarta: Universitas Bina Nusantara Jakarta

Hans Christian Arinardi