Nilai dan Norma Sosial di Indonesia Sebagai Wujud Keberagaman dan Kebersamaan di Mata Dunia

Oleh: Michael Scuderia Tanudjaja |PPTI 14|2602198850|

Nilai dan norma sosial merupakan dua hal yang saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan bermasyarakat. Nilai sosial merupakan sebuah acuan atau standar yang dapat digunakan untuk menentukan kualitas hidup seseorang. Norma sosial merupakan aturan atau ketentuan yang berlaku dan disepakati masyarakat dan harus ditaati oleh setiap anggota masyarakat.

Dengan ditetapkannya Indonesia sebagai salah satu negara dengan jumlah pulau terbanyak di dunia dan salah satu negara dengan jumlah suku terbanyak di dunia membuat negara Indonesia mempunyai nilai dan norma sosial yang sangat beragam dan dipengaruhi oleh banyak faktor seperti agama, adat istiadat, budaya, dan faktor lainnya. Indonesia sendiri memiliki beberapa nilai sosial yang dijunjung tinggi seperti kejujuran, kerja keras, tolong-menolong, hormat dan kebersamaan.

Norma sosial di Indonesia juga sama beragamnnya seperti nilai sosial, mulai dari norma agama, norma adat istiadat, norma hukum, norma kesopanan, dan lainnya. Beberapa contoh nyata penerapan norma sosial di Indonesia adalah untuk norma agama terdapat larangan untuk berzina, mencuri dan membunuh, untuk norma adat istiadat terdapat larangan utnuk memakan dagin babi dan anjing (bagi yang meyakini), untuk norma hukum terdapat larangan untuk melanggar undang-undang yang berlaku, untuk norma kesopanan terdapat larangan untuk merusak fasilitas umum dan membuang sampah sembarangan.

Nilai dan norma sosial memiliki perna yang sangat penting dalam menjaga keteraturan, ketertiban, keharmonisan dan kebersamaan masyarakat. Nilai sosial berfungsi sebagai pedoman bagi setiap anggota masyarakat untuk berperilaku sesuai dengan norma yang berlaku dan norma sosial berfungsi sebagai aturan yang harus ditaati oleh setiap anggota masyarakat agar seluruh anggota masyarakat dapat hidup dengan damai dan harmonis.

Secara umum, negara-negara lain memandang nilai dan norma sosial di Indonesia dengan positif. Nilai-nilai seperti kejujuran, kerja keras, tolong-menolong, hormat dan lainnya dianggap sebagai nilai yang penting untuk dijunjung tinggi selain itu nilai nilai seperti kebersamaan dan toleransi juga dianggap sebagainilai-nilai yang sama pentingnya karena dapat menjaga keharmonisan masyarakat luas. Sebagai contoh pandangan dunia terhadap norma dan nilai sosial yang berlaku di indonesia, terdapat beberapa negara seperti Amerika Serikat, Jepang, Australia dan beberapa negara lainnya yang mempunyai tanggapan positif terkait hal ini. Pemerintan Amerika Serikat pernah memberikan penghargaan kepada Indonesia atas upayanya dalam menjaga nilai-nilai demokrasi dan pluralisme. Pemerintah Jepang memberikan apresiasi terhadap nilai-nilai sosial di Indonesia, terutama nilai-nilai seperti kerja keras dan rasa hormat, pemerintah Jepang bahkan sempat mengadakan program pertukaran budaya antara Indonesia dan Jepang untuk mempromosikan nilai-nilai sosial dari kedua negara. Sama dengan negara lainnya pemerintah Australia juga memandang nilai dan norma sosial di Indonesia dengan positif, pemerinta Australia pernah bekerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk mengembangkan program pendidikan tentang nilai-nilai sosial di Indonesia.

Namun meskipun banyak negara yang memandang nilai dan norma sosial di Indonesia dengan positif, masih terdapat beberapa negara yang memiliki pandangan berbeda terhadan nilai dan norma sosial di Indonesia. Misalnya, di beberapa negara barat nilai-nilai seperti hormat kepada orang tua dan adat istiadat Indonesia dianggap sebagai nilai-nilai yang kuno dan tidak relevan di era modern, beberapa negara juga menganggap nilai-nilai seperti toleransi bukanlah sesuatu yang harus dipaksakan. Perbedaan pendapat dari beberapa pihak memang sudah sewajarnya ada karena setiap negara memiliki budaya, nilai dan normanya masing-masing. Namun, kita sebagai warga negara Indonesia yang baik penting untuk saling menghormati perbedaan nilai dan norma sosial antar negara serta terus mengambangkan dan menerapkan hal-hal positif dalam kehidupan sehari-hari kita.

REFERENCE

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6717643/10-negara-dengan-pulau-terbanyak-di-dunia-indonesia-nomor-berapa#:~:text=Dikenal%20sebagai%20negara%20dengan%20gugusan,8.222%20pulau)%20di%20peringkat%20ketujuh.

https://news.okezone.com/read/2022/04/13/18/2578538/5-negara-yang-memiliki-suku-terbanyak-di-dunia-indonesia-salah-satunya

https://www.gramedia.com/literasi/hubungan-norma-dan-nilai-sosial/

https://id.usembassy.gov/id/amerika-serikat-dan-indonesia-berkomitmen-majukan-demokrasi-dan-keadilan-sosial-global-melalui-bali-democracy-forum-dan-summit-for-democracy/

https://journal.unesa.ac.id/index.php/jhi/article/view/11287/5128

https://elib.unikom.ac.id/download.php?id=359844

Michael Scuderia Tanudjaja