Nasionalisme dan Identitas Indonesia

Oleh: Ferren Andrea | PPTI 16 | 2602190406 |

Nasionalisme merupakan ideologi atau bentuk sikap cinta tanah air yang menyatukan keberagaman di Indonesia.  Nasionalisme di Indonesia juga tercermin dalam semangat Gotong Royong yang mendorong kerjasama dan saling membantu dalam masyarakat. Bahasa Indonesia dijadikan bahasa persatuan untuk memperkuat komunikasi antar suku bangsa. Nasionalisme juga melibatkan rasa bangga terhadap kekayaan alam dan budaya Indonesia sehingga menjadi dasar untuk melindungi warisan tersebut demi keberlanjutan generasi mendatang.

Identitas Nasional adalah ciri khas yang membedakan suatu bangsa dari bangsa yang lain. Hal ini mencakup budaya, bahasa, sejarah, dan dasar negara. Identitas nasional juga berperan sebagai perekat yang mempersatukan beragam perbedaan di masyarakat, menciptakan rasa kebersamaan, dan membangun semangat persatuan. Identitas nasional bukan sekadar lambang, melainkan fondasi yang hidup dan terus berkembang, membentuk esensi mendalam bagi kesatuan dan kelangsungan suatu bangsa. Mempertahankan Identitas nasional di era globalisasi dapat dilakukan melalui Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, menggunakan Bahasa Indonesia, mencintai produk dalam negeri, dan memanfaatkan teknologi untuk mempromosikan budaya Indonesia.

Pentingnya identitas nasional sebagai alat pemersatu juga tercermin dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Semangat persatuan dan gotong royong menjadi landasan kuat bagi kemajuan suatu bangsa. Melalui pemahaman dan kepedulian terhadap identitas nasional, generasi muda dapat menjadi garda terdepan dalam menjaga warisan budaya dan nilai-nilai luhur. Dengan demikian, identitas nasional tidak hanya berperan sebagai fondasi sejarah, tetapi juga sebagai perekat sosial yang mendukung pembangunan dan kemajuan suatu negara. Untuk itu, peran setiap individu dalam merawat dan memperkuat identitas nasional sangatlah penting agar bangsa ini dapat terus bersatu, maju, dan berkembang menuju masa depan yang lebih cerah.

Nasionalisme turut memainkan peran sentral dalam membentuk keberhasilan dan kestabilan suatu bangsa. Dengan adanya semangat cinta tanah air dan identitas nasional, nasionalisme menjadi pendorong utama dalam mempersatukan masyarakat yang memiliki keberagaman. Kesatuan dalam keberagaman inilah yang memberikan kekuatan dan kekuatan tersendiri bagi suatu negara.

Dengan memadukan identitas nasional dan semangat nasionalisme, bangsa Indonesia dapat menjaga keharmonisan antara berbagai perbedaan yang ada di masyarakatnya untuk mewarisi kekayaan budaya dan meraih pencapaian baru. Melalui keseimbangan ini, Indonesia sebagai bangsa kepulauan dengan segala keunikannya akan terus bersinar dalam kancah global untuk membuktikan kekuatan identitas nasional dan semangat nasionalisme sebagai pilar utama kejayaan dan persatuan.

REFERENSI

Supardan, Dadang. 2011. “Tantangan Nasionalisme Indonesia.” Jurnal Ilmu-ilmu Sejarah, Budaya, dan Soaial LENTERA 2 (4): 65-66.

Pasha., S., Rizky Perdana, M., Nathania, K., & Khairunnisa, D. (2021). Upaya Mengatasi Krisis Identitas Nasional Generasi Z di Masa Pandemi. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 651-695

Ferren Andrea