Mengapa Memberi kepada Orang Lain Membuat Kita Bahagia

Oleh: Kartika Yulianti 

Memberi kepada orang lain juga baik untuk pemberi itu sendiri. Sebuah studi yang dilakukan oleh Ashley Whillans dan rekan-rekannya mengidentifikasi tiga situasi di mana memberi bantuan uang kepada orang lain dapat meningkatkan kebahagiaan.

  1. Orang merasa baik (feel good) pada saat melakukan tindakan memberi.

Dalam satu studi tentang “Spending Money on Others”, para peneliti meminta partisipan untuk sekadar mengingat kembali saat mereka dermawan kepada orang lain dan membandingkan perasaan mereka saat mereka memberi kepada orang lain dan saat mengingat mereka menghabiskan uang untuk diri sendiri. Para peneliti tersebut menemukan bahwa orang tidak mengekspresikan kebahagiaan saat mengingat menghabiskan uang untuk diri sendiri sebanyak dan sebaik saat mereka mengingat tindakan memberi kepada orang lain.

  1. Orang lebih menyukai memiliki pilihan untuk membantu orang lain.

Hasil studi tentang “Spending Money on Others” yang dilakukan oleh Ashley Whillans dan rekan-rekannya juga menemukan bahwa orang tampak menyatakan kebahagiaan yang lebih besar ketika mereka memiliki kontrol atas ke mana uang mereka akan digunakan atau diberikan pilihan apakah mereka akan memberi atau tidak diberikan pilihan sama sekali.

Menurut Ashley Whillans dan rekan-rekannya, “dalam beberapa desain penelitian di mana partisipan diminta untuk melakukan tugas dan diberitahu bahwa hasil usaha mereka akan didonasikan ke lembaga amal tertentu, itu tidak terasa sama baiknya dengan diberi pilihan tentang ke mana mereka akan menyumbang.”

Hal itu terjadi karena mereka tidak merasa memiliki otonomi yang sama seperti saat mereka memutuskan untuk membantu seseorang dengan kemauan mereka sendiri.

  1. Orang ingin melihat hasilnya.

Partisipan penelitian yang dilakukan oleh Ashley Whillans tersebut juga menyatakan bahwa mereka lebih banyak merasakan kebahagiaan ketika pengeluaran prososial mereka menunjukkan dampak signifikan dan spesifik, yang menunjukkan keberhasilan dan hubungan dengan orang-orang yang mereka bantu.

Referensi:

Blanding, M. (2023). Why giving to others makes us happy. Working Knowledge, Harvard Business School.

https://hbswk.hbs.edu/item/why-giving-to-others-makes-us-happy

Whillans, A. V., Dunn, E. W., Sandstrom, G. M., Dickerson, S. S., & Madden, K. M. (2016). Is spending money on others good for your heart? Health Psychology, 35(6), 574–583. https://doi.org/10.1037/hea0000332

Kartika Yulianti